Pentingnya Memahami Target Pasar Sebelum Berbisnis

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
Pentingnya-Memahami-Target-Pasar-Sebelum-Berbisnis
Ilustrasi (xendit.co)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Sejak adanya pandemi Covid-19 menuntut seseorang untuk lebih mandiri dan kreatif dalam menjalani kehidupan. Dampaknya, mulai banyak bisnis rumahan yang muncul dengan beragam keunggulan yang ditawarkan di media sosial.

Tidak jarang juga yang sudah memiliki website bisnis mereka sendiri. Alhasil, dengan adanya platform digital itu bisa membuat bisnisnya meningkat. Tapi, dari sekian yang berhasil, ada juga yang mengalami kegagalan. Salah satunya karena bisnis tersebut tidak fokus terhadap target pasarnya.

Affiliate Marketing Specialist Niagahoster, Awanda Muthia Sari, mengatakan perlunya menentukan target pasar sebelum Anda memulai bisnis.

“Target pasar akan menjadi ujung tombak bisnis dan mencegah pebisnis membuang-buang uang, waktu, dan tenaga untuk menjual ke sembarang orang. Selain itu juga mengurangi risiko produknya susah laku,” kata Awanda.

Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk memulai sebuah bisnis sangat penting memahami target pasarnya terlebih dahulu. Berikut penjelasan lengkapnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (15/2/2022) dari laman Idntimes.com:

Apa Sih Target Pasar?

Awanda menjelaskan target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi target penjualan produk. Biasanya mereka memiliki karakteristik yang sama. Baik dari sisi kebiasaan, umur, hobi, kebutuhan, dan yang lainnya.

Sebelum memulai bisnis, amatlah penting untuk menentukan target pasar. Baru setelahnya memberikan informasi dan promosi produk pada target pasar yang tepat tersebut.

Penjualan Produk Gak Akan Tinggi Kalau Anda Asal Jualan

Menawarkan dan menjual produk ke sembarang orang bukanlah strategi marketing yang baik kecuali produk yang dijual benar-benar dibutuhkan semua orang.

Baca Juga:  Menparekraf Letakkan Batu Pertama Rumah Kemasan UMKM Halal di Sumenep

Dengan mengetahui dan memahami target pasar produk, penjual akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Antara lain penjualan bisa meningkat karena lebih fokus pada target pasar. Dengan fokus ke target pasar, penjual bisa mengetahui produk apa yang disukai pelanggan. Sehingga produk makin mudah terjual.

“Tingkat penjualan produk juga tidak akan menjadi lebih tinggi jika menjual ke sembarang orang, karena mereka juga belum tentu berminat dengan produk yang ditawarkan karena tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau yang mereka sukai,” ujar Awanda.

Jadi Bisa Tahu Biaya Pemasaran yang Dibutuhkan dan Antisipasi Persaingan

Awanda melanjutkan, dengan mengetahui target pasar produk juga bisa membuat penjual tahu berapa biaya pemasaran yang dibutuhkan dan saluran serta konten promosi yang tepat.

“Misalnya target pasar produk kita adalah wanita usia 19-35 tahun yang suka bermain media sosial Instagram atau Facebook. Jadi kita bisa menggunakan saluran itu untuk mengirimkan iklan produk ke beranda mereka,” tuturnya.

Selain itu persaingan dengan kompetitor pun bisa diantisipasi dengan mengetahui target pasar.

“Mengetahui target pasar membantu mengetahui kelemahan dan kelebihan produk kompetitor. Sehingga penjual atau pebisnis bisa membuat produk yang lebih baik,” katanya menambahkan.

Mengetahui Target Pasar yang Tepat Buat Bisnis Anda

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui target pasar yang tepat untuk suatu produk. Awanda mengatakan, Anda bisa memulai dengan asumsi. Anda pasti sudah mengenal produk milik Anda dan siapa yang membutuhkan. Bayangkan kira-kira siapa target pasar yang tepat dari informasi tersebut.

Baca Juga:  Menparekraf: Packaging Produk UMKM Sumenep Butuh Ditingkatkan

Kemudian, cermati persaingan pasar. Cari tahu respon target pasar terhadap produk Anda dan produk milik kompetitor dari beberapa faktor. Misalnya, fitur, harga, dan cara pembelian. Kemudian cari celah untuk bisa mengembangkan produk menjadi lebih baik.

“Banyak berkomunikasi dengan pelanggan juga salah satu hal penting. Tanyakan apakah produk kita sudah membantu mereka dan sudah sesuai dengan kebutuhan mereka. Setelah itu tonjolkan fitur unggulan yang dibutuhkan oleh target pasar, sehingga mereka tahu apa benefit yang mereka dapatkan dari produk tersebut,” katanya menjelaskan.

Jika masih kesulitan untuk menentukan target pasar sendiri, penjual atau pebisnis bisa memanfaatkan tools analytic seperti Google Trend atau Google Analytic. Apa yang banyak dicari oleh target pasar, kata kunci apa yang paling banyak diminati, dan seperti apa karakteristik target pasar yang banyak mencari produk sejenis.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.