5 Hal Sepele Penyebab Batu Ginjal

Avatar of PortalMadura.com
5 Hal Sepele Penyebab Batu Ginjal
Ilustrasi (halodoc.com)

PortalMadura.Com – Batu adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang Indonesia. Timbulnya penyakit ginjal ini sering dikaitkan dengan kebiasaan jarang minum.

Ketika seseorang jarang minum, mineral dan garam yang harusnya terbuang lewat air seni malah menumpuk dan mengendap sehingga membentuk “batu” pada ginjal Anda. Namun, kurang minum bukanlah satu-satunya penyebab terbentuknya . Ada juga kebiasaan dan juga masalah lainnya yang menyebabkan batu ginjal.

5 Hal Sepele

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (11/8/2020), berikut ini beberapa penyebab batu ginjal yang sering disepelekan.

Kurang Minum

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu mencukupi kebutuhan cairan setiap hari amatlah penting. Kurangnya cairan dalam tubuh akan menyebabkan mineral mudah mengkristal sehingga menjadi batu ginjal. Maka, sangat disarankan untuk meminum air putih setidaknya 2 liter perhari.

Konsumsi Garam Berlebih

Makanan yang tinggi garam atau sodium pastinya terasa gurih dan enak, tetapi konsumsi makanan tinggi sodium dapat menjadi penyebab batu ginjal. Oleh karena itu, kurangi penggunaan garam dan konsumsi makanan tinggi garam, seperti makanan kalengan, roti, dan minuman bersoda. Makanan bergaram tinggi dapat meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium. Kalsium dapat mengkristal dan membentuk batu ginjal.

Jangan Lupa Baca Juga: Kenali Lebih Dini Gejala Batu Ginjal

Terlalu Banyak Makan Protein Hewani

Daging merah dan kerang merupakan dua jenis makanan yang tinggi protein hewani yang mampu meningkatkan asam urat, menurunkan kandungan sitrat, serta menambah kadar asam pada air seni.

Peningkatan asam urat tidak hanya dapat mengakibatkan gangguan asam urat di persendian, tetapi juga dapat menjadi faktor penyebab batu ginjal.

Konsumsi Oksalat yang Tinggi

Jenis batu ginjal yang paling sering ditemui adalah padatan campuran kalsium dan oksalat yang menyatu ketika ginjal memproduksi air seni. Penyebab batu ginjal jenis ini disebabkan karena konsumsi senyawa oksalat yang berlebih.

Makanan tinggi oksalat biasanya dapat ditemui di makanan sehat dan sayur-mayur, seperti bayam, buah bit, belimbing, kacang-kacangan dan sebagainya.

Menderita Kondisi Medis Tertentu

Selain hal-hal dia atas, kondisi medis tertentu dapat menjadi penyebab batu ginjal. Seperti diabetes tipe 2, hiperparatiroidisme, asam urat, dan sebagainya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.