Penyebab Gusi Berwarna Hitam

Avatar of PortalMadura.com
Penyebab Gusi Berwarna Hitam
Ilustrasi (health.detik.com)

PortalMadura.Com – Setiap orang memiliki warna gusi yang berbeda-beda, Ada yang punya gusi merah muda, cokelat muda, cokelat tua, bahkan .

Ketika tersenyum maka gusi kita juga akan terlihat. Gusi yang berwarna merah muda menunjukkan bahwa gusi yang sehat, sedangkan gusi yang hitam menunjukkan bahwa ada kondisi tertentu yang terjadi di tubuh.

Gusi yang berwarna hitam merupakan produksi dari melanin atau melanosit di dalam tubuh. Gusi hitam wajar terjadi pada orang Asia, Timur Tengah, Mediterania, dan Afrika. Sebab, mereka memang rentan mengalami hiperpigmentasi.

Sebenarnya ada juga kondisi hiperpigmentasi yang bersifat abnormal, sehingga dapat menyebabkan gusi berwarna hitam. Berikut ini dilansir dari laman klikdokter.com, Sabtu (12/9/2020), beberapa hal yang dapat memicu gusi berwarna hitam:

Gusi pada perokok dapat menghitam. Biasanya, gusi yang menghitam adalah gusi depan rahang atas.

Efek Dari Penggunaan Obat-Obatan Jangka Panjang

Obat-obatan yang mengandung chloroquine, quinine, minocycline, zidovudine, chlorpromazine, ketoconazole, bleomycin, dan cyclophosphamide diketahui dapat menyebabkan gusi hitam. Bahkan, obat yang mengandung minocycline dapat menyebabkan gusi dan bibir menghitam.

Endokrin

Penyakit endokrin seperti Addison's Disease, Albright's Syndrome, Akromegali, dan Nelson's Syndrome dapat menyebabkan gusi hitam.

Paparan Logam

Paparan logam seperti timah, bismuth, merkuri, silver, arsenik, dan emas dapat memicu gusi hitam. Gusi hitam yang sering terjadi pada anak adalah kontaminasi dari timah pada air minum atau cat, dan obat-obatan yang mengadung merkuri atau silver.

Biasanya akan tampak garis biru atau hitam sepanjang garis gusi. Jika hal ini terjadi, maka diperlukan tindakan untuk mencegah penyakit sistemik akibat keracunan logam tersebut.

Penyakit Kaposi Sarcoma

Sering dihubungkan dengan infeksi virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh. Bagian yang paling menghitam adalah langit-langit mulut. Selain itu, tampak luka di dalam mulut yang meliputi seluruh bagian gusi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.