Kenali 4 Penyebab Katarak Di Usia Muda

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Penyebab Katarak Di Usia Muda
Ilustrasi (hellosehat.com)

PortalMadura.Com adalah kondisi mata di mana lensa mata menjadi keruh dan berawan. Kondisi ini merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. Inilah sebabnya Anda perlu mewaspadai sejak usia dini.

Katarak bisa saja terjadi di usia muda. Tidak hanya ditemukan pada orang lanjut usia, anak muda juga bisa terkena katarak jika tidak bisa menjaga kesehatan mata dengan baik.

Di Usia Muda

Berikut beberapa penyebab yang bisa terjadi dan sering Anda abaikan.

Cedera Mata

Cedera tumpul, seperti benturan, maupun cedera tajam, seperti tusukan pada mata, dapat mengganggu struktur lensa mata. Kondisi ini dapat mengaburkan lensa mata dan menyebabkan katarak secara langsung maupun perlahan-lahan, bahkan pada anak-anak.

Paparan Sinar Matahari

Penyebab katarak di usia muda selanjutnya adalah paparan sinar ultraviolet (sinar UV) dari sinar matahari. Sinar UV, khususnya sinar UVA, dapat menembus kornea dan mencapai lensa mata dan retina.

Paparan berlebihan terhadap sinar tersebut diketahui dapat menyebabkan cedera pada kornea dan memicu terjadinya katarak. Anda disarankan mengenakan kacamata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, untuk mengurangi risiko terkena katarak akibat paparan sinar UV.

Pengidap Diabetes

Jika Anda menderita penyakit diabetes di usia muda, risiko Anda untuk terkena katarak juga akan lebih tinggi. Penumpukan gula (sorbitol) yang dipicu oleh penyakit diabetes dapat membentuk awan keruh yang memenuhi lensa mata.

Efeknya, cahaya jadi tidak bisa melewati lensa dan penglihatan pun menjadi buram. Selain katarak, penderita diabetes juga lebih berisiko untuk terkena penyakit mata lainnya, seperti glaukoma dan retinopati diabetik.

Faktor Genetik

Apabila salah satu atau bahkan orang tua menderita katarak, sangat besar kemungkinan penyakit ini akan menyerang Anda juga. Faktor keturunan bisa menjadi penyebab katarak di usia muda.

Faktor ini bahkan merupakan salah satu penyebab katarak pada bayi yang paling umum. Risiko Anda terkena katarak di usia muda akan lebih tinggi jika Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat katarak, apalagi jika katarak yang mereka alami juga terjadi di usia muda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.