Ketahui Penyebab Mata Bayi Belekan

Avatar of PortalMadura.com
Ketahui Penyebab Mata Bayi Belekan
Ilustrasi (klikdokter.com)

PortalMadura.Com – Pada beberapa minggu pertamanya, satu dari 20 bayi baru lahir akan mengalami . Bayi yang mengalami mata belekan merupakan hal yang normal dan akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui penyebab dari .

Dilansir dari laman Hellosehat.Com, Jumat (9/10/2020) berikut beberapa yang perlu Anda ketahui.

Saluran Air Mata Bayi Tersumbat

Penyumbatan saluran air mata, merupakan kondisi ketika air mata tidak dapat masuk kembali ke dalam saluran mata. Akhirnya, air mata bayi tetap menggenang di permukaan mata atau terus mengalir keluar seolah masih tetap menangis. Meski bisa dialami siapa saja, tapi kondisi ini lebih sering terjadi pada bayi baru lahir.

Saluran air mata yang tersumbat bisa membuat mata bayi belekan, karena cairan yang menggenang tersebut akan menyebar sampai ke sudut mata saat bayi berkedip. Hal itu membuat air mata akan terus berada di sudut mata hingga kemudian bergabung bersama debu dan kotoran. Inilah yang membuat belek terus keluar dari mata bayi.

Mata Bayi Kering

Air, minyak, lendir, serta antibodi adalah komponen utama penyusun air mata. Apabila ada ketidakseimbangan pada salah satu komponen tersebut atau ada gangguan pada kelenjar air mata, otomatis produksi air mata akan terhambat. Alhasil, mata bayi akan menjadi kering karena tidak mendapatkan cukup cairan untuk melumasi seluruh bagian mata.

Demi mengatasi hal tersebut, mata akan menghasilkan air mata cadangan tapi dengan komponen yang tidak sama seperti air mata sesungguhnya. Komponen air mata cadangan lebih didominasi oleh lendir, sehingga menimbulkan belek pada mata bayi.

Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah sakit mata yang ditandai dengan mata merah dan terasa gatal. Kondisi ini biasanya akan merangsang mata untuk memproduksi lebih banyak lendir dan cairan. Lambat laun, saking banyaknya lendir tersebut sehingga dapat membentuk belek yang muncul di sudut-sudut mata bayi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.