Perbedaan Jerawat Batu dan Rosacea yang Harus Anda Ketahui

Jangan Salah, Ini Bedanya Jerawat Batu dan Rosacea
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Jerawat batu menjadi momok yang sangat menakutkan bagi banyak orang. Karena, selain terasa sakit di wajah, masalah kulit ini juga mengganggu seseorang dalam berpenampilan. Tidak heran jika para penderitanya dibuat kesal jika mengalami itu.

Tahukah Anda, ada satu masalah kulit nyang mirip dengan jerawat batu yaitu rosacea, tapi gejalanya berbeda. Walaupun begitu, keduanya merupakan masalah kulit yang paling sering muncul pada seseorang.

Terlepas dari perbedaan jerawat batu atau rosacea, menghilangkannya tentu menjadi tantangan tersendiri. Namun yang perlu Anda perhatikan, jika Anda ingin menghilangkan jerawat batu Anda disarankan untuk tidak mencoba memencet jerawat batu, gunakan pelembab, dan gunakan obat yang tepat.

Baca Juga : Guys, Begini Cara Hilangkan Jerawat Batu Tanpa Bekas

Anda juga perlu berkonsultasi pada spesialis kulit. Karena, mereka bisa lebih tahu kondisi kulit Anda sehingga mencari pengobatan yang tepat sasaran. Selain itu, Anda juga perlu memastikan terlebih dahulu bahwa itu bukan rosacea. Sebab, lain masalah maka penanganannya pun akan berbeda.

Lantas, apa perbedaan jerawat batu dengan rosacea?.

Baca Juga:  Gunakan 4 Warna Rambut Ini untuk Kulit Kuning Langsat

Dilansir PortalMadura.Com, Rabu (24/7/2019) dari laman Kompas.com, hal yang membuat jerawat batu sering disalahartikan sebagai rosacea atau sebaliknya yaitu dari bentuknya. Keduanya sama-sama berupa benjolan kemerahan yang muncul di area wajah. Warna merah ini bisa jadi permanen atau hilang dengan sendirinya.

Perbedaan lebih jauh bisa dilihat dari beberapa indikator berikut ini:

Komedo

Apabila dilihat secara sekilas, rosacea tampak seperti jerawat, tapi masalah kulit ini tidak ada komedonya. Sedangkan jerawat umumnya juga diikuti dengan komedo atau bersamaan dengan keluarnya komedo.

Kulit Kemerahan

Warna kulit yang kemerahan akan terlihat di tengah wajah (pipi, hidung, dagu, dahi) pada rosacea. Sedangkan bagi jerawat batu, kemerahan hanya akan terlihat di sekitar area yang mengalami breakout saja atau ada jerawatnya saja.

Kulit Berminyak

Bagi seseorang yang mengalami jerawat batu, biasanya kulitnya terlihat berminyak terutama di bagian tertentu seperti dahi, hidung, dan dagu. Sementara pada rosacea, tidak terlihat minyak di wajah melainkan hanya pori-pori yang tampak jelas.

Pembuluh Darah

Biasanya, rosacea pembuluh darahnya terlihat dengan mudah dan jelas. Namun tidak demikian halnya dengan jerawat batu. Pembuluh darahnya lebih sulit dideteksi atau terlihat secara kasat mata.

Baca Juga:  Berbahaya! Ini 4 Tanda Skincare Abal-abal

Tekstur Kulit

Seseorang yang mengalami jerawat batu, tekstur kulitnya cenderung kasar akibat luka yang ditimbulkan jerawat. Namun bagi penderita rosacea, kulitnya cenderung sensitif terhadap paparan produk sehingga terasa gatal, bahkan hingga merasa terbakar kulitnya.

Mata

Jika jerawat batu biasanya tidak menimbulkan sakit mata, berbeda dengan rosacea. Penderitanya akan menderita masalah mata seperti bengkak, merah, hingga rasa tidak nyaman terus menerus.

Intinya, untuk membedakan jerawat batu dan rosacea serta untuk tahu cara menghilangkan jerawat batu yang tepat, pertama-tama identifikasi dulu apa yang Anda alami. Baru kemudian pilih cara yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi kulit.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.