Perbedaan Suntik Botox dan Filler, Yuk Kenali Agar Tak Salah Pilih

Avatar of PortalMadura.com
Perbedaan Suntik Botox dan Filler, Yuk Kenali Agar Tak Salah Pilih
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Di era yang penuh kecanggihan teknologi seperti sekarang ini ada banyak macam perawatan kecantikan yang dipercaya mampu bikin kulit cantik secara instan. Seperti dan suntik filler.

Keduanya sama-sama perawatan kecantikan yang diberikan melalui suntikan dan tidak melibatkan operasi. Walaupun demikian, kedua prosedur ini sangat berbeda. Jadi, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beda filler dan botox agar Anda tidak salah pilih prosedur.

Apa saja beda filler dan botox?. Yuk kenali perbedaannya di bawah ini:

Tujuan Prosedur
Suntik botox adalah perawatan kulit yang diandalkan untuk mengatasi kerutan. Biasanya, kerutan muncul akibat ekspresi wajah sehari-hari, dari tersenyum, mengernyit, hingga menangis. Botox bekerja dengan menghambat sinyal saraf di dalam otot dan membuatnya lebih rileks. Dengan begitu, permukaan kulit menjadi lebih halus dan kencang.

Sementara filler atau yang sering disebut dengan dermal filler bertujuan untuk mengisi jaringan lunak yang ada di bawah permukaan kulit untuk menambah volume pada bagian wajah tertentu. Biasanya digunakan untuk menambah volume pada pipi, bibir, dan sekitar mulut yang menipis akibat penuaan.

Bahan yang Digunakan
Botox menggunakan protein dari bakteri Clostridium Botolinum yang akan disuntikkan ke dalam kulit. Sementara filler menggunakan beberapa bahan yang telah disetujui oleh U.S Food and Drugs Administration atau setara BPOM di Indonesia, seperti:

a. Kalsium hidroksupalatite (Radiesse), senyawa mirip mineral yang ditemukan di tulang.
b. Asam hyaluronat, bahan yang ditemukan di cairan dan jaringan di dalam tubuh untuk menambah kekenyalan kulit.
c. Asam polilaktik, bahan yang dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen.
d. Polyalkylimide, berbentuk gel transparan.
e. Polymethyl-methacrylate microspheres (PMMA), filler yang bersifat semi-permanen.

Ketahanan
Suntik botox biasanya bertahan selama 3 hingga 4 bulan setelah perawatan. Jadi, Anda membutuhkan perulangan suntikan yang cukup sering untuk mempertahankan hasilnya.

Sementara filler efeknya tergantung pada bahan yang digunakan. Namun, biasanya memiliki hasil yang lebih lama dibandingkan dengan botox. Rentang waktunya sekitar 4 bulan hingga 2 tahun. Namun, sama seperti botox Anda tetap membutuhkan perawatan lanjutan untuk mempertahankan hasil yang diinginkan.

Efek Samping
Botox memiliki berbagai efek samping seperti memar di kulit yang disuntik, sakit kepala, kelopak mata yang terkulai, dan mata yang mengalami kemerahan dan iritasi.

Sementara filler memiliki efek samping yang cenderung lebih banyak seperti reaksi alergi, memar, infeksi, gatal, mati rasa, kemerahan, jaringan parut, hingga luka. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.