oleh

Perempuan Cantik Ini Jatuh Cinta dengan Budaya Madura

WILDONA ZUMAM yang akrab disapa Dona ini, mempunyai keinginan besar untuk meningkatkan minat baca masyarakat Madura di empat kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Meski ia bukan orang Madura dan lahir di Pemalang, 10 Desember 1979, tetapi usaha untuk membangun Madura, khususnya dunia pendidikan mulai mendarah daging.

Terbukti, Dona sudah melahirkan komunitas pecinta buku yang diberinama Your B (Youth of Cliquers Book) dan bermarkas di Citra Indah Ceguk, Pamekasan.

“Munculnya ide tentang Your B, untuk melestarikan budaya Madura dengan membaca dan menulis. Lalu, diaplikasikan dengan meresensi buku-buku karangan putra-putri Madura,” kata Dona pada PortalMadura.Com, Jumat (13/2/2015).

Perempuan yang menyandang S2 Universitas Cenderawasih Papua ini, baru singgah di Madura tahun 2011 dan kini menjadi pengajar di Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Madura, Pamekasan.

Dona yang hoby menulis dan traveling juga menyatakan cintanya dengan budaya Madura. “Saya bukan orang Madura, tapi saya jatuh cinta dengan budaya Madura,” ujar perempuan berjilbab ini.

Menurut Dona, stereotipe tentang Madura diluaran sangat berbeda ketika ia hidup bersama masyarakat di Madura.

“Seperti halnya carok, ternyata punya makna luar biasa untuk perempuan Madura, tidak hanya tentang pembunuhan, seperti pikiran orang diluar Madura,” ungkapnya.

Untuk menjawab penilaian terhadap warga Madura yang hanya berdasarkan persepsi (stereotipe), Dona selalu berusaha meluangkan waktunya untuk menulis artikel dan jurnal internasional.

“Rata-rata, tulisan saya itu tentang kebudayaan Madura,” pungkasnya.(Hartono)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE