oleh

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Akan Mulai Belajar Motor

PortalMadura.Com – Momen liburan seperti saat ini banyak digunakan oleh anak-anak untuk belajar mengendarai motor. Selain karena punya lebih banyak waktu juga bisa didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman.

Belajar mengendarai motor harus dengan metode dan teknik yang benar. Mengpa demikian? Karena hal itu berkaitan dengan keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Bagi Anda yang baru akan belajar mengendarai motor, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (27/12/2019) dari laman liputan6.com ya dikutip dari Wahana Honda.

Ini penjelasannya:

Perlu Pendamping

Pertama pastikan ada pendampingan dari orang yang berpengalaman. Dalam proses belajar mengendarai sepeda motor yang paling utama dan juga terpenting yaitu pendampingan dari orang yang berpengalaman. Bisa jadi pendamping itu bagi orang yang sudah menguasai teknik-teknik berkendara dengan menggunakan sepeda motor.

Anda juga bisa mengajak orang terdekat Anda yang masih belajar berkendara ke beberapa lembaga yang sering mengadakan workshop safety riding karena di dalamnya diajarkan teknik berkendara yang baik dan benar.

Dengan pendampingan orang yang berpengalaman Anda akan lebih cepat belajar dan lebih cepat untuk menguasai teknik berkendara yang baik dan juga benar

Mulai dari Tempat yang Sepi dan Lapang

Ketika belajar sepeda motor, lebih baik dimulai dari tempat yang sepi. Ada beberapa alasan kenapa harus dimulai dari tempat yang sepi. Pertama, Anda tidak akan membahayakan diri sendiri, dan kedua, orang lain yang juga tidak akan terkena dampak bahaya saat Anda belajar menggunakan sepeda motor.

Selain itu, dari tempat sepi Anda juga akan belajar ketenangan. Kalau sudah mulai terbiasa mengendarai sepeda motor dan menguasai kondisi mental, barulah Anda mencoba ke tempat yang lebih ramai.

Bukan hanya sepi, ketika Anda mendampingi orang yang ingin belajar sepeda motor ataupun Anda yang ingin belajar sepeda motor sendiri, pastikan juga memilih tempat yang luas dan juga lapang.

Anda harus belajar mulai dari di jalan yang lurus dan lebar terlebih dahulu karena hal tersebut merupakan hal yang paling mudah

Baca Juga: Cegah Pencurian Motor dengan 4 Cara Ini

Mulai dari Dasar

Semua proses belajar dimulai dari bawah. Saat belajar jalan, Anda pasti mulai dari merangkak, kan? Ini sama dengan belajar sepeda motor.

Saat belajar naik motor, Anda tentu tahu terlebih dahulu beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya, fungsi-fungsi sepeda motor untuk ngerem dan ngegas. Pelajari dua hal ini dengan baik.

Selain itu usahakan juga untuk belajar dari sepeda motor yang cukup mudah untuk digunakan jika ingin belajar secara cepat.

Beberapa orang berpendapat untuk belajar dari sepeda motor yang memiliki kopling agar sekalian. Namun pemikiran ini sebenarnya salah, karena dengan belajar hal mudah terlebih dahulu Anda akan dengan mudah untuk belajar lagi ke hal lain.

Jika Anda menguasai sepeda motor matik, misalnya, Anda juga akan lebih mudah belajar ke sepeda motor kopling dan pastinya tidak akan membutuhkan waktu yang lama nantinya. Pastikan untuk belajar dari hal yang mudah dan mendasar terlebih dahulu.

Yang paling dasar dari belajar sepeda motor adalah keseimbangan, keselamatan (memakai perlengkapan standar keamanan), dan pengetahuan teknik berkendara yang benar seperti pengereman dan lain-lain.

Pastikan Cukup Umur

Sering melihat anak belum cukup umur sudah naik motor? Sebenarnya, ini merupakan kesalahan yang paling fatal yang pernah dilakukan.

Saat usia belum cukup, kita masih sering belum bisa mengetahui tindakan secara “dewasa”. Sebaiknya, belajar sepeda motor harus dimulai pada usia yang cukup. Usia 16 tahun-17 tahun menjadi umur yang seharusnya bisa digunakan untuk mulai belajar mengendarai sepeda motor.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar