Perhatikan, Ini 3 Aturan Mandi yang Benar

Avatar of PortalMadura.Com
Perhatikan, Ini 3 Aturan Mandi yang Benar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu aktivitas menyegarkan bagi tubuh yaitu . Selain itu mandi juga bisa menyehatkan asalkan sesuai dengan keadaan tubuh, kebiasaan dan daerah tinggal seseorang. Karena hal itu akan berpengaruh seberapa sering seseorang harus mandi.

Namun, para ahli kulit menyarankan, setidaknya seseorang perlu mandi sekali dalam sehari. Hal itu diungkap oleh Nada Elbuluk, MD, asisten profesor klinis bidang dermatologi di Keck School of Medicine di University of Southern California.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan seberapa sering Anda mandi. Apa saja? Berikut ulasannya:

Tingkat Aktivitas
Tingkat aktivitas sangat menentukan seberapa sering seseorang harus mandi dalam sehari. Meski kini sudah banyak produk yang menawarkan kesegaran instan.

Ketika minyak, sel kulit mati, keringat, kotoran dan bakteri mengumpul di kulit, jerawat atau berbagai infeksi jamur akan timbul.

Bagi invidu yang rentan jerawat, mandi segera setelah selesai berolahraga bisa membantu menghindarkan dari risiko tersebut.

Jenis Kulit
Ahli kulit Clay Cockerell, MD, menyarankan untuk mandi setidaknya sekali dalam sehari bagi mereka yang memiliki kulit berminyak.

Dr Cockerell juga menyarankan untuk menggunakan sabun lembut serta pelembap setelah mandi bagi individu berkulit kering. Jenis kulit juga akan berubah seiring dengan bertambahnya usia.

Lingkungan Tinggal
Berolahraga serta berkegiatan sehari-hari bukan satu-satunya hal yang menyebabkan tubuh berkeringat. Bila kita tinggal di lingkungan yang panas serta lembap, mandi akan membantu meminimalkan penumpukan bakteri di kulit.

Bila lingkungan cenderung dingin, tidak perlu sering mandi tak akan menjadi masalah. Terlalu sering mandi saat udara kering bisa membuat kulit lebih kering. Jadi, jika mendapati kulit menjadi kering, bersisik, atau lebih gatal dari biasanya, pertimbangkan untuk tidak terlalu sering mandi serta hindari penggunakan lulur atau scrub.

Mandi secara benar lebih penting ketimbang mandi lebih sering, ujar Dr Elbuluk. Mandi secara benar yakni dengan menggunakan air suam kuku dan kurang dari 10 menit. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.