Perlu Bunda Ketahui, Cara Cegah Dehidrasi Pada Anak Saat Berpuasa

Avatar of PortalMadura.com
Perlu Bunda Ketahui, Cara Cegah Dehidrasi Pada Anak Saat Berpuasa
Ilustrasi (bidanku.com)

PortalMadura.Com – Saat belajar berpuasa tentunya tidak mudah untuk sebagian anak. Ia harus menahan lapar dan haus dari waktu sahur hingga berbuka di sore hari. Sehingga tak jarang, kondisi ini bisa membuat anak haus dan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan cairan, hal ini menjadi satu kondisi yang rentan terjadi saat berpuasa. Dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (29/4/2021), berikut cara mudah untuk mencegah anak alami dehidrasi saat berpuasa:

Minum Air Lebih Banyak Setelah Jam Buka Puasa

Persiapkan hari puasa dengan minum air yang cukup di sepanjang malam. Anda dapat mendekatkan sebotol air di dekat tempat tidur anak setiap malam, dan ingatkan anak untuk minum satu atau dua cangkir setidaknya setiap jam. Cara mudah untuk mengingat minum air adalah mengaitkannya dengan aktivitas sehari-hari yang umum. Seperti, minum secangkir air saat iklan muncul selama anak menyaksikan acara televisi favoritnya.

Baca Juga:  Lucu, Unik dan Seru, Filosofi Lomba Estafet Sarung Ibu-Ibu PKK Sumenep

Cermat Saat Memilih Pakaian Untuk Siang Hari Selama Berpuasa

Penggunaan kaos dalam bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Kaus dalam akan menyerap keringat, namun perlahan menjadi kain katun yang basah dan panas, dan kemudian meningkatkan suhu tubuh, terutama jika anak mengenakan pakaian lapis tambahan.

Membatasi Kegiatan Anak di Luar Ruangan

Untuk mencegahnya dehidrasi, Anda bisa membatasi kegiatan anak di luar ruangan terlebih di siang hari, karena sinar matahari yang terik dapat membuat anak lebih banyak berkeringat dan memicu dehidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.