oleh

Perlu Diketahui, Ini Tips Mengatur Keuangan Pasca Punya Anak

PortalMadura.Com – Setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Namun, tidak sedikit orang tua yang membesarkan buah hatinya tanpa perencanaan yang baik, sehingga kesulitan mengatur keuangan keluarga.

Oleh karena itu, Bunda dan Ayah harus bekerja sama agar keuangan keluarga bisa terkontrol dengan baik. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (5/4/2021), berikut tips mengatur keuangan pasca punya anak:

Buat Skala Prioritas

Setelah memiliki anak, sangat penting bagi Ayah dan Bunda untuk membuat skala prioritas. Susun daftar sesuai dengan kebutuhan dan keperluan rumah tangga, mulai dari anggaran belanja kebutuhan pokok, biaya listrik, air, serta internet, ongkos transportasi, cicilan rumah atau mobil, gaji pengasuh atau ART, serta kebutuhan anak, seperti biaya sekolah dan imunisasi.

Sisihkan Uang Untuk Menabung

Walau memiliki daftar pengeluaran yang banyak, Bunda dan Ayah tetap harus menyisihkan uang untuk ditabung. Tabungan ini bisa digunakan sewaktu-waktu jika ada kebutuhan mendesak dan sangat darurat, misalnya terjadi kecelakaan, kerusakan rumah, atau pemutusan hubungan kerja secara mendadak.

Cerdas Membelanjakan Uang

Demi bisa berhemat, penting bagi Ayah dan Bunda untuk hanya membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan. Selain bisa menghemat pengeluaran, belanja dengan cara online bisa menurunkan risiko Bunda dan Ayah tertular virus Corona karena tidak perlu kontak dengan banyak orang.

Kurangi Pengeluaran

Hindari untuk membeli barang di luar anggaran yang sudah Bunda dan Ayah sepakati berdua.
Namun, jika setiap bulan Bunda melakukan hal tersebut, anggaran utama bisa saja terkuras dan bujet rumah tangga bisa habis sebelum gajian bulan berikutnya tiba.

Usahakan Untuk Tidak Memiliki Hutang

Berhutang memang menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan atau memiliki sesuatu, misalnya untuk membeli rumah, memiliki kendaraan, mengembangkan bisnis, atau untuk kebutuhan mendesak.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar