oleh

Pesan Rasulullah tentang Penanganan Demam

PortalMadura.Com – Demam merupakan peningkatan suhu tubuh secara mendadak. Biasanya, suhu tubuh yang naik di antaranya disebabkan karena terserang penyakit berbasis bakteri atau virus. Apabila suhunya naik hingga 41°C, maka sesegera mungkin harus segera diturunkan.

Hal ini agar pusat panas di otak kembali teratur dan tubuh kembali normal seperti semula. Berbicara tentang demam, ada beberapa hadis Rasulullah yang menjelaskan teknik pengobatan nabawi dalam menurunkan tingginya suhu tubuh. Beliau menyarankan untuk menggunakan air dingin dalam menurunkan panas demam.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (28/1/2021) dari laman Okezone.com:

Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Aisyah bahwa Rasulullah bersabda, “Demam adalah bagian dari keluasan Jahanam, karena itu dinginkan ia dengan air”. Saat Rasulullah mengalami demam yang mengakibatkan beliau wafat, beliau meminta agar tubuhnya disiram dengan air sebanyak tujuh kantong kulit.

Walaupun saat ini sarana pengobatan dan antibiotik telah mengalami kemajuan, tetapi pengobatan nabawi masih tetap menjadi media penyembuhan yang paling efektif dan ideal pada saat demam.

Banyak kondisi di mana suhu tubuh seseorang naik dan tidak bisa diturunkan oleh obat penurun panas, sehingga para dokter akan menggunakan air dingin untuk mengembalikannya ke keadaan semula.

Oleh sebab itu, para dokter anak menyarankan agar segera mengkompres tubuh anak dengan air dingin jika terserang demam. Demikian dikutip dari buku Buku Pintar Sains dalam Al-Qur’an Oleh Nadiah Thayyarah.

Perlu Anda ketahui juga, demam yang menyerang manusia sebenarnya memiliki beberapa faedah. Hal ini telah terbukti secara ilmiah dan sesuai dengan hadis Rasulullah. Saat seseorang terserang demam, maka kadar zat endorfin dalam tubuhnya akan bertambah.

Zat endorfin ini dihasilkan oleh sel darah putih, ia dapat membunuh virus atau bakteri yang menyerang tubuh. Endorfin bisa membentuk antibodi yang melindungi tubuh. Ia tidak hanya menyelamatkan tubuh dari virus dan bakteri saja, melainkan juga menambah daya tahan dan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, serta membantu menghilangkan sel-sel kanker. Dengan begitu, demam dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker berpotensi menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker.

Dengan demikian, demam bisa lebih berguna daripada meminum obat. Oleh sebab itu, tidak jarang para dokter sengaja menimbulkan demam buatan pada pasien dengan suntikan bahan-bahan tertentu untuk mempercepat penyembuhan.

Suatu ketika, penyakit demam disebut-sebut di hadapan Rasulullah, ada seseorang yang mencaci-maki. Rasulullah kemudian bersabda, “Jangan kau mengumpatnya. Karena ia dapat menghilangkan dosa, sebagaimana api dapat melunakkan kekerasan besi,” (HR. Ahmad).

Demikian penjelasan pesan Rasulullah tentang demam. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar