oleh

Pilbup Sumenep, Mungkinkah NasDem Koalisi dengan PPP, Bupati Sampang Ikut Jadi Penentu?

PortalMadura.Com, Sumenep – Partai politik besutan Surya Paloh, NasDem adalah salah satu partai yang diperhitungkan untuk membangun koalisi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep yang akan digelar 23 September 2020.

Dalam kendali K. A. Tirmidzi Mas’ud sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Sumenep telah mampu menempatkan tiga kader terbaiknya di kursi legislatif pada pemilu kemarin.

Bermodalkan fakta tersebut, A. Tirmidzi Mas’ud mengaku tidak berlebihan jika harus merebut posisi bakal calon wakil bupati (bacawabup) pada Pilbup Sumenep 2020.

“Kami sudah membangun komunikasi politik dengan PPP. Bahkan, kami aktif komunikasi,” ujar Tirmidzi biasa disapa pada PortalMadura.Com via telepon, Rabu (4/3/2020) malam.

Alasan matematik yang dipaparkan yakni dengan PPP yang bermodalkan tujuh kursi dan NasDem tiga kursi sudah cukup syarat untuk berjalan bersama pada proses pesta demokrasi lima tahunan di Sumenep.

Bagaimana dengan sikap DPW dan DPP?. Tirmidzi dengan tegas menyampaikan akan tunduk dan patuh terhadap keputusan para petinggi partai bergambar lingkaran biru dibalut dengan warna jingga yang melambangkan simbol gerakan perubahan.

“Peta politik masih dinamis. Jika hasil survei DPP berkata lain, kami tetap tunduk dan patuh atas keputusan DPP,” ungkapnya.

Pria alumni pondok pesantren Annuqayah, Guluk-guluk, Sumenep ini juga menyebutkan posisi Bupati Sampang, Slamet Junaidi. Ia merupakan salah satu kader NasDem yang memiliki power di NaDem.

“Beliau itu (H. Edi sapaan Bupati Sampang) menjabat sebagai koordinator wilayah. Kalau kami ke DPW membicarakan soal Pilbup Sumenep, tetap disarankan untuk komunikasi dengan H. Edi,” ucapnya.

Komunikasi yang dibangun pihaknya dengan H. Edi sudah ada sinyal positif untuk membangun koalisi dengan PPP pada proses Pilbup Sumenep 2020.

“Ya, silahkan lakukan komunikasi dulu dengan Ra Mamak (sapaan Ketua PPP Sumenep KH. Muhammad Salahuddin Warits),” kata Tirmidzi, menirukan saran H. Edi.

Merujuk pada saran tersebut, hingga hari ini komunikasi yang dibangun pihaknya dengan PPP tetap berjalan baik. Komunikasi dengan partai lain juga tidak menutup diri. “Hasilnya, tunggu dulu. Insyaallah satu bulan kedepan,” pungkasnya.(*)

Baca Juga : Demokrat Raih Suara ‘Runner Up’, Usung Bacabup Sumenep Menguat

Penulis : Hartono
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar