Pilih yang Sesuai Rencana, Ini 8 Alat Kontrasepsi Modern

Avatar of PortalMadura.com
Salah satu Alat kontrasepsi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak merupakan salah satu anugerah dari Tuhan yang kehadirannya bisa membawa kebahagiaan bagi seluruh keluarga. Keluarga zaman sekarang harus punya strategi bahkan dalam urusan anak yaitu mewujudkan keluarga berencana, dua anak cukup.

Hal ini bisa Anda lakukan khususnya dengan . Ada banyak metode kontrasepsi yang aman digunakan. Namun, tentu saja harus dikonsultasikan dahulu dengan petugas kesehatan. Sehingga membuat Anda dan pasangan nyaman bercinta meski menggunakan .

Nah, agar tidak salah pakai, yuk ketahui dulu apa saja variasi alat kontrasepsi modern. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (19/10/2019) dari laman okezone.com yang dikutip BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). Berikut uraian tentang alat kontrasepsi modern:

Vasektomi (MOP)

Biasa disebut sebagai metode operasi pria. Ini merupakan prosedur klinik untuk menghentikan kapasitas reproduksi pria dengan cara mengoklusi vasa deferensia agar alur transportasi sperma bisa terhambat, dan cairan air mani yang keluar saat ejakulasi tidak lagi mengandung sel sperma. Sehingga proses penyatuan dengan sel telur tidak terjadi. Ada dua cara untuk vasektomi, bisa dengan insisi (pisau) atau VTP (vasektomi tanpa pisau).

Tubektomi (MOW)

Nah kalau yang ini merupakan metode operasi wanita, metode kontrasepsi untuk wanita yang tidak ingin hamil lagi. Caranya dengan mengoklusi tuba falopii (mengikat dan memotong atau memasang cincin).

Jadi sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur. Tenang, cara satu ini tidak mempengaruhi proses menyusui, atau mengubah dalam fungsi seksual, bahkan metode tubektomi ini juga disebutkan dapat mengurangi risiko kanker serviks.

Baca Juga: Terdeteksi Konsumsi Obat Terlarang, Penetapan Cakades Ditunda

Implan

Alat kontrasepsi bawah kulit yang mengandung progestin yang dibungkus dalam kapsul silastik silikon polidemetri. Cara kerjanya dengan menebalkan lendir leher rahim sehingga tidak dapat dilewati sperma. Jika memilih implan, tidak perlu khawatir soal tingkat kesuburan sebab pengembalian tingkat kesuburan setelah pencabutan relatif cepat. Tidak memberikan pengaruh juga pada hubungan seksual dan produksi ASI.

Alat kontrasepsi dalam Rahim (AKDR)

Alat kontrasepsi yang dipasang dalam rahim, dibuat dari bahan plastik polietilena, ada yang dililit oleh tembaga ada yang juga yang tidak dililit tembaga. Metode satu ini meningkatkan kenyamanan seksual dan tidak memengaruhi kualitas dan volume ASI.

Suntikan

Metode ini diindikasikan untuk wanita usia subur yang ingin alat kontrasepsi dengan tingkat efektivitas tinggi, dan dalam jangka waktu pendek. Cara kerja suntikan, mengentalkan lendir leher rahim sehingga dapat mencegah pertemuan sperma dan sel telur, sekaligus mencegah pelepasan sel telur dari indungnya. Kategorinya ada suntikan progestin dan suntikan kombinasi.

Pil

Sangat efektif jika diminum setiap hari dengan waktu (jam ) yang sama. Cara kerjanya sama dengan suntikan, begitu pula jenisnya. Kontrasepsi modern dengan meminum pil, tingkat kesuburan akan cepat kembali setelah konsumsi dihentikan.

Kondom

Selubung atau sarung berbentuk silinder yang tipis terbuat dari lateks atau karet, dipasang di penis saat berhubungan seksual. Fungsinya untuk menghalangi terjadinya pertemuan sperma dan sel telur, karena sperma ditampung di ujung selubung karet sehingga sperma tidak tercurah ke saluran reproduksi perempuan.

Amenore Laktasi

Efektivitasnya tinggi jika sang ibu memenuhi kriteria seperti, tidak dalam keadaan menstruasi, menyusui ASI pada bayi selama enam bulan penuh dan sering disusui siang dan malam, dan syarat ketiga adalah bayi berusia kurang dari enam bulan. Menyusui bisa menekan proses ovulasi (pematangan sel telur), terjadi karena proklatin yaitu hormon yang merangsang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.