oleh

Pohon Kelapa Mati Mesterius

SUMENEP (PortalMadur) – Puluhan pohon kelapa di pulau Gili Labak, Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mati misterius. Diduga puluhan pohon kelapa itu mati lantaran dampak dari eksplorasi minyak dan gas (migas) oleh PT Santos di pulau Gili Genting, Kecamatan Gili Genting.

Warga Gili Labak, Arwiyanto (48) memaparkan, puluhan pohon kelapa milik warga di pulau Gili Labak itu mati secara tiba-tiba dan tidak wajar. Daun kepala itu kering dan tidak berbuah kemudian mati. Padahal bagi warga setempat kelapa itu menjadi salah satu penopang ekonomi warga setempat.

“Tahu-tahu banyak kelapa mati. Itu terjadi sejak adanya eksplorasi migas PT Santos di pulau Gili Genting, pulau yang dekat dengan Gili Labak,” kata Aswiyanto, Senin (09/12/13).

Menurut Aswiyanto, secara geografis Pulau Gili Labak ini terpisah oleh laut dari Desa Kombang dan lebih dekat ke pulau Gili Genting. Namun, pulau terpencil itu tidak mendapatkan bagian kompensasi dari dampak eksplorasi migas dari PT Santos.

“Sejak beroperasinya pengeboran migas tersebut puluhan pohon kelapa diĀ  pulau Gili Labak ini mati. Ini yang kami terima, seharusnya kan kami mendapatkan kompensasi dari dampak migas itu,” ujarnya.(arif/htn).


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.