Potong Ranting Pohon, Warga Sampang Tewas Kesetrum Listrik

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: RafiEditor: Putri Kuzaifah
Warga Sampang Tewas Kesetrum Listrik
TKP korban kesetrum listrik (Rafi @portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sampang – Kakek berusia 61 tahun, Bunari, warga Dusun Bata-Bata, Desa Plampaan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, tewas kesetrum aliran listrik di atas pohon mangga, Jumat (27/5/2022) pagi.

Kapolsek Camplong Sampang AKP Budi Nugroho menjelaskan, korban mengambil daun mangga dengan cara memotong ranting pohon menggunakan sebilah sabit untuk pakan ternak hewan.

Ranting pohon yang dipotong dalam kondisi basah, dan jatuh pada kabel sentral aliran listrik utama milik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Saluran listrik utama mengakibatkan arus listrik mengalir ke pohon mangga dan menimbulkan percikan api hingga korban kesetrum,” terangnya.

Saat kejadian, Budi menyebut ada warga melihat Bunari dalam kondisi tidak dapat bergerak. Kemudian, mereka mencoba menyingkirkan ranting yang menimpa kabel listrik untuk mengevakuasi korban dari atas pohon mangga.

Baca Juga:  Swadaya, Warga Banjar Talela Bangun Jalan Baru

“Korban mengalami luka bakar di telapak tangan kiri, bawah lutut kaki kanan, jari-jari kaki kanan, ibu jari kaki kiri,” urainya.

Pasca kejadian itu, Budi mengaku langsung berkoordinasi dengan PLN supaya dapat memotong pohon yang dekat dengan jaringan arus listrik.

“Keluarga korban menerima bahwa apa yang dialami murni sebagai musibah. Mereka tidak menuntut secara hukum kepada siapa pun,” katanya.

Pihaknya mengajak masyarakat, lebih waspada saat memotong dahan pohon dekat kabel listrik demi mencegah kejadian serupa.

“Lebih baik menghubungi petugas yang profesional, atau pihak PLN yang lebih terlatih untuk mengantisipasi,” pungkasnya.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.