PPI Camplong Tak Berfungsi

Avatar of PortalMadura.com
PPI Camplong Tak Berfungsi
Pintu masuk menuju PPI Camplong Sampang ( Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, tidak berfungsi.

Kepala Dinas Perikanan Sampang, Wahyu Prihartono menjelaskan, PPI itu tanggung jawab provinsi sejak diserahkan pada tahun 2017.

Pihaknya, hanya memiliki kewenangan untuk mengelola Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ada di dalam PPI. “TPI belum bisa difungsikan karena operasional PPI belum berjalan,” katanya, Selasa (2/3/2021).

Keberadaan TPI sendiri, kata dia, pihaknya hanya berwenang mengambil jasa timbangan ikan. “Jadi, ikan apa saja yang datang kami timbang dan dikenakan retribusi daerah,” terangnya.

Sedangkan retribusi kapal dan sebagainya, menjadi kewenangan Pemprov Jatim.

Ia menjelaskan, akan dijadikan penyangga Mayangan Probolinggo karena ada kapal besar yang melaut seberat 100 gross tonnage (GT).

Namun kondisi PPI, kata dia, ada pendangkalan sehingga perlu ada pengerukan atau pelebaran sehingga kapal besar bisa masuk.

Rencana pengerukan pernah ditargetkan terealisasi tahun 2020. Akibat refocusing anggaran pada masa pandemi Covid-19 akhirnya tertunda.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.