Praktis, Begini Cara Bikin Serum Wajah Sendiri di Rumah

Avatar of PortalMadura.com
Praktis, Begini Cara Bikin Serum Wajah Sendiri di Rumah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada berbagai jenis skin care di pasaran yang menawarkan beragam manfaat bagi kecantikan. Tapi, salah satu produk yang sering jadi incaran perempuan yaitu . Membelinya tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, daripada Anda masih harus membeli dengan harga relatif mahal, lebih baik bikin sendiri di rumah. Di samping bisa mengirit uang, Anda akan tetap bisa dapatkan kulit cantik dan bersih. Mau tahu caranya bagaimana?. Yuk intip uraian di bawah ini:

untuk Kulit
Selain rutin menggunakan krim tabir surya, pelembap, sabun cuci muka, hingga scrub, kadang kulit juga membutuhkan hidrasi ekstra. Nah, penggunaan serum wajah tidak hanya akan membantu kulit agar lebih lembap, tapi juga sekaligus menargetkan masalah kulit yang cukup spesifik, dijelaskan oleh Howard Murad, MD, selaku dokter spesialis kulit dan dosen di University of California.

Mulai dari mencerahkan kulit, mempercepat proses regenerasi, menghambat penuaan, melawan noda hitam bekas jerawat, serta meratakan warna kulit, adalah beberapa tugas utama yang akan dilakukan serum tepat setelah diaplikasikan pada wajah Anda.

Baca Juga : Ladies, Pentingnya Memakai Serum Wajah Sebagai Dasar Makeup

Uniknya, sebagian besar bahan serum mengandung air yang dicampur dengan berbagai nutrisi penting untuk kulit. Kandungan inilah yang membuat serum berwarna jernih dengan tekstur ringan sehingga mudah diserap oleh kulit tanpa meninggalkan rasa lengket setelahnya.

Jangan takut kulit akan semakin kering atau bahkan berminyak usai menggunakan serum. Sebab, sudah tersedia berbagai pilihan serum yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda.

Sendiri di Rumah
Sebenarnya, tidak ada aturan baku mengenai bahan-bahan apa saja yang harus terkandung dalam serum buatan Anda. Akan tetapi, penting untuk menyesuaikan bahan yang akan digunakan sebagai komposisi utama serum dengan jenis kulit yang Anda miliki, entah itu kulit kering, berminyak, atau kombinasi. Tidak perlu bingung, Anda bisa cermati cara membuat serum wajah berikut ini.

Bahan-bahan:

2 sdm lidah buaya
4 sdm vegetable glycerin

Selanjutnya, Anda bisa memilih komposisi bahan tambahan yang sesuai kondisi kulit Anda, seperti:

– Untuk mencerahkan kulit, gunakan 1/2 sdt bubuk vitamin C
– Untuk meredakan kulit sensitif, gunakan 3 tetes minyak esensial bunga chamomile
– Untuk mencegah penuaan kulit, gunakan 3 tetes minyak esensial bunga mawar
– Untuk kulit bermasalah, seperti kering, berjerawat, kemerahan, gunakan 3 tetes minyak esensial bunga lavender

Baca Juga : Ladies, Perhatikan 8 Hal Ini Ketika Pakai Serum Vitamin C

Atau pilihan lainnya, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung Centella Asiatica. Ini merupakan bahan herbal alami yang diyakini ampuh untuk mempercepat regenerasi kulit dan menyembuhkan kulit yang mengalami iritasi.

Cara Membuat:

Campurkan semua bahan, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya, pindahkan bahan tersebut ke dalam botol kaca yang telah dibersihkan sebelumnya. Sebaiknya letakkan di dalam lemari es agar daya simpannya lebih tahan lama. Serum yang dingin biasanya dapat lebih menenangkan kulit, terutama bagi kondisi kulit yang kemerahan dan sedang mengalami peradangan.

Cara Memakai Serum

Umumnya, serum digunakan di urutan awal rangkaian skin care. Atau dengan kata lain, karena tekstur serum yang mudah meresap di kulit, maka ia bisa dipakai sebelum produk perawatan kulit yang lebih berat, seperti krim atau pelembap.

Baca Juga : Perhatikan! Ini 4 Panduan Pakai Serum Wajah yang Baik dan Benar

Gunakan serum setiap pagi dan malam hari, khususnya sebelum Anda pakai pelembap, tabir surya, dan krim malam. Cara pakainya pun terbilang mudah, berikut panduan yang tepat:

1. Bersihkan wajah dengan cuci muka seperti biasa, yang dilanjutkan dengan penggunaan toner setelah wajah kering.
2. Saat kulit masih dalam keadaan cukup lembap usai pakai toner, tuangkan serum ke telapak tangan sebanyak 1-2 tetes. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher secara merata. Serum akan lebih mudah diserap ketika kulit sedang dalam kondisi lembap.
3. Jika sudah, lanjutkan tahapan pemakaian skin care Anda seperti biasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.