oleh

Pria Wajib Waspada, 4 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Sperma Anda

PortalMadura.Com – Pada dasarnya tidak semua pria memiliki kualitas sperma yang sama, ada yang bagus dan tidak. Walaupun bentuk sperma itu tidak begitu jelas, akan tetapi bukan berarti Anda sebagai pria tidak menjaganya dengan baik.

Menjaga kesehatan sperma sangat penting dilakukan, jangan sampai sperma Anda menjadi rusak hanya karena hal sepele ya. Nah, bagi Anda yang menginginkan keturunan, sebaiknya perhatikan kebiasaan ini yang katanya bisa merusak kualitas sperma.

Begadang
Kurang tidur kerap dituding sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan. Termasuk merusak sperma. Menurut jurnal Fertility & Sterility, cowok dengan durasi tidur kurang dari enam jam akan mengalami penurunan kesuburan hingga 31 persen dibanding cowok dengan durasi tidur 7-8 jam per malam.

Alasannya, kurang tidur menurunkan produksi hormon testosteron. Hormon ini berperan penting pada pembentukan sperma. Tapi, terlalu banyak tidur juga tidak baik. cowok yang tidur lebih dari sembilan jam per malam juga menunjukkan masalah kesuburan. Jadi, 7-8 jam per malam adalah durasi yang ideal.

Kurang Makan Ikan
Ikan terbukti baik untuk kesehatan sperma. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard menyebut bahwa kualitas sperma terlihat lebih baik pada cowok yang rajin mengkonsumsi ikan tuna atau salmon. Sebaliknya, daging olahan merupakan musuh bagi kesehatan sperma.

Daging olahan bisa menurunkan produksi testosteron, sementara ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 justru meningkatkan kualitas sperma.

Stres
Stres turut disebut sebagai jalan masuk berbagai penyakit. Sebuah penelitian dari Columbia University menyebut bahwa stres yang berlebihan mengganggu hormon reproduksi.

Bahkan kalo cowok tersebut sudah menjalankan pola makan sehat, faktor stres tetap harus diperhitungkan sebagai perusak kesuburan. Carilah cara untuk meredakan stres itu. Bahkan kalo perlu, temui tenaga professional.

Menyimpan Ponsel di Saku Celana
Tidak bisa dipungkiri, saku celana merupakan tempat favorit untuk menaruh ponsel. Tapi kebiasaan ini bisa berdampak buruk pada sperma. Paparan radiasi ponsel bisa menghambat pergerakan sperma. Panas dari ponsel juga bisa meningkatkan suhu pada skrotum dan mengganggu produksi sperma.

Hal ini terungkap pada sepuluh penelitian menyangkut radiasi ponsel. Kalo Anda adalah seseorang yang harus memegang ponsel tiap saat, coba untuk menaruh ponsel di tempat lain seperti saku jaket. (babe.co.id/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.