oleh

Program Pra Kerja di Madura Belum Terealisasi

PortalMadura.Com, Bangkalan – Program kartu pra kerja di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur belum bisa terealisasi lantaran terkendala SK penunjukan pendamping dan surat perintah resmi dari kementerian yang belum turun.

Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) Kabupaten Bangkalan, H. Tamar Djaja, mengatakan, tenaga pendamping sudah ada dan beberapa kali secara informal berkunjung, namun karena belum ada kejelasan dari kementerian, maka realisasi dari program kartu pra kerja urung terlaksana.

“Sudah dua kali kesini, tapi SK penunjukan pendamping dari kementerian belum sampai, saya belum menerima surat perintah secara resmi. Jadi belum bisa dilaksanakan,” katanya, Rabu (8/4/2020).

Pihaknya menjelaskan, pendamping nantinya akan mendata dan mengawasi terkait pelaksanaan program pra kerja itu. “Itu tugas pendamping, sudah ada satu orang saja itu,” ujarnya.

Ia juga menerangkan, total ada 2 juta kartu pra kerja secara nasional, namun yang menjadi tanggungjawab dari Kementerian Tenaga Kerja adalah sebesar 500 ribu secara nasional.

“Artinya yang 1,5 juta itu tanggungjawab kementerian yang lain, nah untuk setiap daerah tentu tergantung kebutuhannya, sesuai pendataan nanti, bisa dari mungkin Bangkalan cuma seribu atau 300 ribu atau berapa itu tergantung nanti,” tuturnya.

Target realisasi yang seharusnya sudah sejak 1 April 2020 lalu, Tamar mengatakan tergantung dari kebijakan kementerian.

“Ya sebenarnya kan sudah siap, tapi belum ada SK-nya, makanya mundur, ditambah lagi sekarang kita menghadapi wabah Corona (Covid-19), semoga saja SK segera turun dan kita bisa segera eksekusi,” tandasnya.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Rena RH
Tirto.ID
Loading...

Komentar