Puan Maharani Minta Pengangkatan Guru Honorer Jadi ASN PPPK Ditingkatkan

Avatar of PortalMadura.com
Puan Maharani Minta Pengangkatan Guru Honorer Jadi ASN PPPK Ditingkatkan
Puan Maharani Minta Pengangkatan Guru Honorer Jadi ASN PPPK Ditingkatkan

PortalMadura.com-Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Ketua DPR RI, , menyoroti nasib . Ia meminta agar pengangkatan guru menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja () pada tahun ini dilakukan secara maksimal demi meningkatkan kesejahteraan para guru.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang seharusnya mendapatkan perhatian bersama. Puan mengatakan bahwa dengan diangkatnya para guru honorer menjadi PPPK, ini merupakan langkah maju bagi kesejahteraan mereka. Belum banyak guru honorer yang memiliki upah layak, terutama di daerah-daerah terpencil. Padahal pekerjaan guru di sana cukup berat dengan tantangan kurangnya tenaga pendidik dan kondisi geografis yang sulit diakses.

“Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang harus kita perhatikan bersama. Dengan diangkatnya para guru honorer menjadi PPPK, ini merupakan langkah maju bagi kesejahteraan mereka,” ujar Puan dalam keterangannya, Selasa (2/5/2023).

Oleh karena itu, Puan menekankan bahwa menjadi atau PPPK dapat membuat guru sejahtera dan memberikan pelayanan terbaik bagi pendidikan negeri. Tidak sedikit dari mereka yang mencari pendapatan lebih dengan bekerja serabutan. Hal ini harus diperbaiki melalui pengangkatan guru honorer menjadi ASN atau PPPK.

Saat ini, pemenuhan kebutuhan guru masih belum maksimal, mengingat guru ASN berstatus PPPK yang telah dan diangkat masih kurang dari 50 persen dari kebutuhan guru yang mencapai lebih dari 1,2 juta guru. Terkait hal ini, pemerintah akan mengoptimalkan kuota pengangkatan guru PPPK tahun 2023 sebanyak 601.286 guru untuk pemenuhan guru ASN.

Puan juga memastikan bahwa DPR akan mengawal proses pengangkatan guru ASN PPPK agar terwujud sesuai target. Ia juga meminta Pemerintah untuk memperbanyak alokasi anggaran belanja tenaga pendidik sehingga kuota pengangkatan guru PPPK semakin maksimal.

“Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mencari pendapatan lebih dengan bekerja serabutan. Hal ini yang harus kita benahi, dengan menjadi ASN atau PPPK, guru akan sejahtera dan memberikan pelayanan terbaik bagi pendidikan negeri,” paparnya.

Selain lewat alat kelengkapan dewan atau komisi terkait, Puan secara pribadi akan ikut mengawal proses pengangkatan guru honorer menjadi ASN PPPK agar kebutuhan tenaga guru untuk mendidik anak-anak kita juga semakin cepat terpenuhi.

Seleksi Pengangkatan Guru Honorer Menjadi PPPK Harus Prioritaskan Para Guru Senior

Mantan Menko PMK ini juga turut mendorong pemerintah agar seleksi pengangkatan guru PPPK bisa memprioritaskan para guru honorer yang telah mengabdi selama bertahun-tahun. Ia juga meminta pemerintah agar mempertimbangkan jasa dan pengabdian para guru senior tersebut.

DPR juga akan terus berupaya mengawasi proses seleksi PPPK 2023 ini bagi para guru honorer. Oleh karena itu, Pemerintah harus melakukan penyerapan tepat dengan memprioritaskan mengangkat guru honorer yang sudah lama mengabdi.

Pengangkatan guru honorer menjadi PPPK bukan hanya dapat menyelesaikan persoalan kesejahteraan guru, melainkan juga dapat meningkatkan profesionalitas guru di dunia pendidikan. Kesejahteraan dan profesionalisme merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Karena kalau guru sejahtera, mereka akan semangat dan gembira saat bekerja. Tentu dampaknya akan menjadi lebih baik.

Pada peringatan Hardiknas ini Puan juga menyoroti pentingnya peningkatan fasilitas sarana dan prasarana di sekolah untuk menunjang pendidikan. Masalah tenaga pendidikan tidak akan lepas dari sarana dan prasarana. Masih ada di daerah pelosok negeri yang ruang belajar, perpustakaan, dan alat-alat penunjang pendidikannya jauh di bawah standar. Hal ini harus menjadi perhatian Pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.