Racun di Dalam Tubuh Akan Hilang Dengan Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Racun di Dalam Tubuh Akan Hilang Dengan Cara Ini
Racun di Dalam Tubuh Akan Hilang Dengan Cara Ini

PortalMadura.Com – Tubuh setiap harinya terpapar racun. Untuk itu, diperlukan sebagai cara menghilangkan racun tersebut dari dalam tubuh.

1. Puasa

Mungkin beberapa sudah sering menjalankan puasa. Tanpa disadari, sebenarnya hal tersebut telah melakukan detoksifikasi saat menjalankannya.

Pada saat puasa, dimana tidak minum dan tidak makan selama beberapa jam. Waktu ini dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk membersihkan diri dan juga untuk beristirahat sejenak.

Ini merupakan kesempatan tubuh untuk mengatur ulang fungsinya dan melakukan pemulihan serta penyegaran.

Pada saat ini, sebaiknya hindari stres, untuk memberikan waktu bagi tubuh beristirahat secara mental dan emosional, tidak hanya secara fisik. Coba cara ini satu hari dalam seminggu.

2. Minum air lebih banyak

Tubuh mengandung 80% air, sehingga tentu memerlukan air untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya. Minum air tidak hanya memuaskan dahaga, tetapi juga merupakan cara detoks tubuh.

Saat ingin mengeluarkan racun dari tubuh, Mungkin membutuhkan lebih banyak air daripada rekomendasi biasanya. Jika biasanya minum sekitar 2 liter air per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu perlu lebih banyak minum saat melakukan detoksifikasi.

Namun, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin dan ukuran tubuh. Kebutuhan cairan seseorang juga akan meningkat saat ia lebih banyak melakukan aktivitas fisik.

3. Lakukan aktivitas yang dapat mengeluarkan keringat

Salah satu cara menghilangkan racun dalam tubuh adalah dengan berkeringat. Suatu penelitian menemukan bahwa kandungan arsenik, kadmium, timbal, dan merkuri terkandung di dalam keringat yang Anda keluarkan.

Cara mengeluarkan keringat bisa melakukan dengan cara olahraga atau pergi ke sauna. Olahraga merupakan salah satu cara sehat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan membantu tubuh mengeluarkan racun. Apabila tidak suka olahraga, mulai sekarang lakukan olahraga setidaknya 30 menit saja dalam sehari.

4. Konsumsi lebih banyak sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung banyak zat-zat penting yang dapat membantu fungsi tubuh. Ditambah lagi, kandungan serat dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu tubuh menghilangkan racun. Perbanyak asupan buah dan sayuran dengan menerapkan diet makanan mentah (raw diet). Diet ini dapat membantu usus dan hati dalam mengeluarkan racun.

Pada diet ini, Diharuskan untuk mengonsumsi sayuran dan buah mentah, termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian mentah. Jika merasa tidak mampu menghabiskan banyak sayuran dan buah dalam satu hari, mungkin bisa membuatnya menjadi jus.

Buatlah jus dengan campuran sayuran dan buah-buahan yang menjadi kesukaan, terutama buah-buahan kaya vitamin C. Cara ini bisa menambah asupan vitamin dan mineral.

5. Jauhi kebiasaan yang tidak baik

Jika perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok saat sedang menjalankan detoksifikasi. Rokok dan asapnya pastinya merupakan racun bagi tubuh. Begitu juga jika terbiasa minum minuman alkohol, sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini. Alkohol dapat memberatkan kerja hati yang tentu tidak baik saat sedang mengeluarkan racun dari tubuh.

Jika penggemar kopi, juga harus berhenti sejenak untuk menikmati sajian kopi. Kopi mengandung kafein yang dapat menjadi “racun” bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya, ganti dengan secangkir teh hijau. Teh hijau juga mengandung polifenol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

6. Tidur yang cukup

Tidur merupakan waktu untuk beristirahat sehingga tubuh segar kembali keesokan harinya. Untuk itu, waktu tidur yang cukup merupakan suatu keharusan untuk mendukung kesehatan. Selain itu, tidur yang cukup setiap malam ternyata juga membantu tubuh dalam mengurangi racun yang terbentuk.

Pasalnya, saat tidur, organ-organ dalam tubuh tidak bekerja sekeras saat bangun. Kurang tidur justru dapat melemahkan sistem imun sehingga mudah sakit.

7. Kurangi konsumsi gula

Mengurangi konsumsi gula, termasuk pemanis buatan, juga merupakan sebuah usaha untuk mengurangi racun dalam tubuh. Mengonsumsi banyak gula juga dapat memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin.

Maka dari itu, sebaiknya, pilihlah makanan sumber gula (karbohidrat) yang juga mengandung serat, seperti gandum, oat, dan beras merah. Dengan begitu, bisa mendapatkan manfaat lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.