oleh

Rajin Bersedekah? Ini 5 Keistimewaan yang Akan Anda Dapatkan di Akhirat Kelak

PortalMadura.Com – Allah SWT selalu memerintahkan kita agar bersedekah atau memberikan sebagian harta yang kita dapatkan untuk orang yag tidak mampu atau fakir. Tujuan ini pun bukan untuk memiskinkan diri kita, malah jika kita memberikan harta kita atau bersedakah dan menolong atau memberikan manfaat bagi orang lain, niscaya Allah akan berikan ganti yang lebih dahsyat kenikmatannya. Maka dengan itu, jangan lah kita ragu untuk menyodorkan harta atau materi kita kepada orang lain. Jangan jadi orang yang pelit dan dengki yang hanya memikirkan diri sendiri.

Berikut ini 5 keistimewaan yang akan kamu dapatkan bila rajin bersedekah. Mari kita simak !

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadis yang berbunyi,

Diriwayatkan dari Abi Hurairah berkata, Rasulullah bersabda, ”Setiap hari ada dua malaikat yang turun kepada hamba-hamba Allah, salah satunya berdoa:”Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang mau menafkahkan hartanya. Dan Malaikat yang lain berdoa: “Ya Allah berikanlah kerugian, kehancuran bagi orang yang menahan hartanya (tak mau sedekah). (HR. Muslim).

Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin pernah menjelaskan tentang sepuluh keistimewaan bagi orang yang bersedekah, lima keistimewaan di dunia dan lima diakhirat kelak.

Adapun lima keistimewaan di dunia yaitu: pertama, menyucikan harta benda yang ia miliki. Kedua, membersihkan badan dari berbagai macam dosa. Ketiga, sebagai tolak bala’ dan berbagai macam penyakit. Keempat, memberikan rasa empati, perhatian kepada fakir miskin. Kelima, menambah keberkahan harta dan mempermudah rizki.

Sedangkan lima keistimewaan sedekah di akhirat yaitu, pertama, sedekah akan menjadi naungan bagi yang memberikannya saat hari kiamat yang teramat panas. Kedua, akan memperingan hisab (hitungan amal) manusia. Ketiga, akan memperberat timbangan kebaikan. Keempat, akan mudah melewati Shirat al-Mustaqim. Kelima, menambah derajat saat di surga.

Dari penjelasan ini, anjuran bersedekah ini ditujukan bagi orang yang memiliki kecukupan dan kemampuan, bila tak mampu bersedekah dengan harta yang dimilikinya maka Islam memberi solusi bahwa segala kebaikan termasuk sedekah walau hanya tersenyum, memperlihatkan wajah berseri kepada orang lain.

Itulah 5 keistimewaan yang akan kita dapatkan di dunia maupun diakhirat jika kita rajin untuk bersedekah. Karena sebaik-baiknya manusia, ialah yang bermanfaat bagi orang lain. Jangan ragu lagi untuk bersedakah ya, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar