Ratusan Nakes Pamekasan Gagal Divaksin Covid-19

Avatar of PortalMadura.com
20 Puskesmas Disiapkan Sebagai Tempat Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi (kompas.com)

PortalMadura.Com, – Ratusan Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, gagal dilakukan sinovac sebagai upaya menjaga kekebalan tubuh dari .

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, dr. Nanang Suyanto mengungkapkan, berdasarkan data yang diterima instansinya hingga tanggal 3 Februari 2021, sebanyak 1.821 nakes di daerahnya telah selesai divaksin sinovac.

“Laporan dari puskesmas, ada nakes yang batal divaksin, ada pula yang ditunda vaksinasinya. Yang ditunda ada 203 nakes, yang tidak bisa divaksin ada 512 nakes,” terangnya, Kamis (4/2/2021).

Dia menjelaskan, nakes yang tidak bisa divaksin sinovac memiliki riwayat penyakit bawaan, hamil atau sedang menyusui. Sementara nakes yang ditunda vaksinasinya karena saat pelaksanaan vaksin mengalami flu, batuk, pilek, sakit perut, panas, sakit kepala atau keluhan lainnya.

Menurutnya, berdasarkan standart operasional prosedur vaksin sinovac, seseorang bisa divaksin apabila orang tersebut benar-benar dalam keadaan sehat.

“Kalau yang ditunda itu akan divaksin apabila kondisinya sudah baik, kalau memang yang tidak bisa (divaksin, red), ya seterusnya,” tandasnya.

Ditanya soal informasi adanya nakes yang menolak untuk divaksin sinovac, Nanang Suyanto mengaku tidak bisa menjawab. Sebab, laporan yang diterima, hanya tiga kategori nakes, meliputi nakes yang telah selesai divaksin, ditunda dan nakes yang tidak bisa divaksin.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.