oleh

Resep Air Asam Jawa untuk Redakan Nyeri Perut saat Haid

PortalMadura.Com – Saat haid, sebagian kaum hawa ada yang mengalami nyeri perut, kram, bahkan rasa sakit di bagian tubuh lainnya. Hal ini wajar dialami ketika haid karena dipicu oleh perubahan hormon.

Nah, ketika mengalami permasalahan seperti itu, Anda bisa mengonsumsi air asam jawa untuk meredakan nyerinya. Ramuan nenek moyang ini diyakini bisa mengurangi dampak sakit perut, kram dan sakit bagian tubuh lainnya saat haid.

Selain itu, rasa segar dan perpaduan rasa manis pada air asam jawa dipercaya bisa membuat pikiran rileks dan tubuh terasa lebih ringan. Lantas, bagaimana cara membuat air asam jawa?.

Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

1 sdm asam jawa
3 sdm gula pasir
3 gelas air

Baca Juga: Resep Jamu Kunyit Asam yang Berkhasiat bagi Tubuh

Cara Membuat:

Rebus air hingga mendidih. Kemudian, masukan asam ke dalam air, lalu aduk rata. Setelah itu, masukan gula pasir kemudian aduk rata dan rebus hingga larut. Jika air asam yang direbus sudah berwarna kecokelatan dan mendidih, angkat air asam.

Selanjutnya, saring dan tuang ke dalam gelas saji, nikmati selagi masih hangat. Air asam jawa ini tidak hanya meredakan nyeri selama menstruasi dan melancarkannya, namun juga memiliki segudang manfaat buat kesehatan.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE