oleh

Resep Baru Menu Buka Puasa, Udang Bakar Madu

PortalMadura.Com – Sudah biasa dengan masakan yang digoreng dan direbus, saaatnya Anda mencoba resep menu sahur yang dibakar. Jika Anda penikmat udang, kali ini ada cara membuat menu lauk berbuka puasa yang berbahan udang dan dengan proses pengolahan dibakar. Menu ini sangat cocok jika dihidangkan bersama dengan nasi panas dan dimakan bersama keluarga Anda.

Apalagi untuk Anda yang sedang melakukan program diet, proses pengolahan ini sangat cocok, karena tidak mengandung minyak. Yuk, coba membuat resep udang bakar madu dilansir dari laman Cookpad.com, Sabtu (9/5/2020)

Bahan – Bahan yang Diperlukan:

2 porsi
12 ekor Udang
1 buah Jeruk Nipis
100 gram Saus Tomat
3 sendok makan Kecap manis
3 sendok makan Madu
3 sendok makan Saus Sambal
1/2 sendok teh Garam
4 batang Tusuk Sate

Cara Membuat:

Langkah pertama, bersihkan udang dari kotoran dikepalanya, usahakan bersihkan menggunakan air yang mengalir agar udang benar-benar bersih. Belah kulit punggung udang dan buang uratnya, beri perasan jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih 10 menit dan nanti cuci kembali dengan air mengalir.

Setelah dicuci kedua kalinya, tusuk udang menggunakan tusuk sate dengan masing masing empat ekor atau sesuai selera. Setelah selesai semua udang ditusuk pada tusuk sate, sisihkan dan buatlah saus untuk membakar. Saus yang dicampurkan menjadi satu diantaranya, campur semua saus tomat, saus sambal, kecap manis, madu, dan garam.

Sebelum udang dibakar oleskan saus pada udang merata terutama di bagian belahan punggung. Diamkan selama kurang lebih 30 menit supaya bumbu menempel dan meresap ke dalam udang. Sisakan sekitar sepertiga bumbu olesan untuk dipakai membakar.

Selanjutanya panaskan grilled pan / alat panggang / alat bakar, kuas dengan mentega supaya tidak lengket. Membakar udang bisa menggunakan bara api agar rasa dibakarnya lebih terasa.

Baca Juga: Update Covid-19, Total 19 Warga Bangkalan Terkonfirmasi Positif

Letakkan udang diatas alat bakar. dan tunggu udang hingga berwarna merah gelap ini merupakan tanda kalau udang sudah matang. Taruh udang di atas pan atau bakaran sambil dioles bumbu Bakar udang hingga warnanya jadi merah gelap dan matang.

Hidangkan diatas piring selagi hangat. Bisa juga ditambahkan saus yang masih tersisa diatas udang, selamat mencoba dirumah.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Cookpad.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar