7 Cara Dalam Islam Didik Anak Perempuan

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Dalam Islam Didik Anak Perempuan
Ilustrasi (Kumparan.com)

PortalMadura.Com – Memiliki merupakan suatu kebahagian bagi Anda yang sangat menginginkan anak perempuan. Memiliki anak perempuan bukan hanya untuk didandani tapi juga harus diberikan pendidikan yang baik. Pilihan baju dan pernak pernik anak perempuan jauh lebih menarik dari pada anak laki-laki, hal ini yang akan membuat Anda sibuk memilihkan barang-barang yang cocok untuk sang anak.

Namun hal yang terpenting adalah mendidik anak dengan baik adalah kewajiban setiap orang tua. Orang tua memiliki kewajiban sepenuhnya memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Karena orang tua, khususnya seorang ibu merupakan sekolah pertama seorang anak belajar. Jadi pastikan Anda memberikan pendidikan yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

Menurut sebuah hadis sahih, anak perempuan kelak bisa menjadi penolong bagi orang tuanya dilansir dari laman Parenting.orami.co.id, Sabtu (9/5/2020):

Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, kelak mereka akan menjadi penghalang dari api neraka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Berikut cara mendidik anak perempuan berdasarkan agama Islam :

Mengerjakan Ilmu Tauhid

Mengenalkan anak pada ilmu Tauhid merupakan hal yang paling wajib diajarkan ke anak perempuan. Ilmu tauhid atau konsep ketuhanan adalah ilmu yang paling utama dan pertama untuk diajarkan kepada anak. Memberi tahu kepada anak perempuan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang menciptakan manusia.

Setelah mengenalkan anak pada penciptanya, maka ajarkan anak untuk mengucapkan kalimat syahadat yaitu, Laihala illaallah Muhammad Darrasullullah (Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah rasul utusan Allah SWT). Dengan mengulang-ulang bacaan ini, akan membuat anak terus mengingat siapa tuhannya.

Dijelaskan dari Ibn Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

“Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya “Lailah-illallah”, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (sya'bul Iman)

Mengajarkan Doa-doa Harian dan Kewajiban sebagai Seorang Muslim

Selanjutnya mengjarkan anak mengenai doa-doa harian seperti doa makan, doa sebelum tidur dan doa lainnya. Membiasakan seorang anak membaca doa sebelum melakukan sesuatu dengan mengucakan ‘Bismillah' ataupun sesudah melakukan sesuatu dengan mengucakan Alhamdulillah'. Kebiasaan ini akan menumbuhkan kecintaannya kepada Allah.

Jika anak Anda sudah berusia 2-3 tahun, dan sudah bisa berbicara maka ajarkan anak membaca Al-Quran dengan mengenalkan huruf hijaiyah. Ajak anak untuk ikut salat berjemaah agar sang anak terbiasa untuk melaksanakan salat 5 waktu.

Mengajarkan Akhlak Mulia dan Sopan Santun terhadap Orang Tua

Mengajarkan anak tentang akhlak dan kesopanan juga penting untuk dikenalkan pada anak. Jika anak memiliki akhlak yang mulia, maka anak Anda akan terbiasa untuk melakukan hal kebaikan dalam kehidupannya.

Rasulullah menyukai seseorang yang memiliki akhlak terpuji, dan beliau juga kerapkali mengajarkannya pada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik pada sesama manusia. Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.”

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan pada anak-anaknya tentang tata cara berperilaku yang baik pada kedua orang tua. Sebab itulah yang Allah SWT perintahkan.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku lah kalian kembali” (Q.S Luqman : 14)

Mengajarkan tentang Fiqih Wanita

Selain mengarkan tiga hal di atas kepada seorang anak, Anda juga harus mengenalkan mengenai hal-hal kewanitaan atau fiqih wanita.

Pelajaran fiqih bisa diajarkan pada anak perempuan sejak dini. Seperti cara berpakaian yang menutup aurat, sampai hal mengenai haid karena ilmu ini akan semakin dibuthkan oleh anak perempuan saat ia semakin beranjak dewasa.

Mengajarkan Keterampilan Rumah Tangga

Mengajarkan anak mengenai keterampilan rumah tangga bisa dimulai sejak dini, dengan mengajarkan anak mencuci piring sendiri, menyapu rumah, keterampilan memasak dan keterampilan rumah tangga lainnya. Ini untuk mempersiapkan anak perempuan menjadi seorang istri yang baik dan menjadi bekal jika suatu saat nanti tidak tinggal bersama orang tua.

Mengajarkan menjadi Seorang Istri

Mengajarkan kuadrat seorang perempuan kepada anak, tujuannya agar seorang perempuan nantinya akan bertanggung jawab menjadi seorang istri yang baik. Mengajarkan apapun profesi seorang perempuan ,saat sudah menjadi istri akan bertanggung jawab untuk menjadi istri yang salihah .

Mengajarkan Perempuan menjadi Seorang Ibu

Memberikan contoh yang baik menjadi orang tua kepada anak perempuan, akan membuat anak memiliki kepribadian yang baik pula. Peran Anda selama memberikan pendidikan dan contoh perilaku akan ditiru oleh sang Anak.

Khususnya untuk seorang ibu maka berikan contoh yang baik kepada sang anak, agar kelak anak Anda menjadi ibu yang baik pula. Karena karakter yang tertanam di masa kecil tanpa disadari akan terbawa hingga dewasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.