oleh

Resep Pesmol Ikan Gurami untuk Buka Puasa

PortalMadura.Com – Menu buka puasa disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi baik untuk mengembalikan nutrisi yang hilang selama sehari penuh. Seperti mengonsumsi ikan gurami agar bisa membuat badan kembali sehat, melansir dari Fimela.com, Ahad (26/4/2014).

Apalagi, ikan gurami merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Ikan gurami memiliki nutrisi tinggi, sehingga cocok dikonsumsi saat buka puasa.

Sebagai menu buka puasa, ikan gurami bisa diolah dengan cara digoreng, dipanggang atau dibuat sup. Kali ini, Anda bisa membuat olahan pesmol ikan gurami. Hidangan khas Sunda ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu gurih, asam, manis dan pedas. Lantas, bagaimana cara membuatnya?.

Baca Juga: Resep Sup Kepala Ikan Kakap yang Gurih untuk Makan Malam

Berikut ini resep pesmol ikan gurami:

Bahan-bahan:

1 ekor ikan gurami
1 buah jeruk nipis
1 sdt garam
1 batang sereh geprek
1 cm lengkuas geprek
3 lembar daun salam
5 buah cabai rawit Utuh
1 buah mentimun potong
1 buah wortel potong bentuk batang
Air secukupnya
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya
Cuka, secukupnya

Kaldu bubuk:

1/2 sdm cuka makan
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir Kemiri
1 cm Jahe
3 cm kunyit
Minyak untuk menumis

Cara membuat:

Bersihkan ikan gurami, kemudian beri garam dan air jeruk nipis, lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu, panaskan minyak, lalu goreng ikan sampai matang kering, angkat dan sisihkan.

Selanjutnya, tumis bumbu halus sampai wangi, masukan sereh, daun salam dan lengkuas. Masukan timun, wortel, cabai utuh dan bumbu lainnya. Kemudian, masukan air secukupnya dan masukan cuka jika suka, masak sampai mendidih. Biarkan air sedikit menyusut, kemudian masukan ikan, dan masak sebentar saja, angkat. Pesmol ikan gurami siap disajikan untuk buka puasa.

Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar