Rokat Tase’ Akbar Akan Diawali Tahfiz Quran di Pantai Pasongsongan Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Rokat Tase' Akbar Akan Diawali Tahfiz Quran di Pantai Pasongsongan Sumenep
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Masyarakat pesisir pantai utara bersama pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menggelar rokat tase' () pada Minggu (24/11/2019).

Rangkaian ini dijadwalkan akan dihadiri pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Kemendiknas RI.

“Malam harinya, akan diawali dengan pelaksanaan tahfiz Quran. Besok paginya akan dilaksanakan bersih-bersih pantai melibatkan siswa SD se-kecamatan, baru serangkaian rokat tase' dilakukan,” terang Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Kelautan Kabupaten Sumenep, Moh. Ibnu Fajar, Sabtu (23/11/2019).

Kegiatan rokat tase' ini juga akan disajikan musik tongtong (uldaul) dan tari-tarian tradisional khas Sumenep, seperti tari kolosal potre paseser, topeng, sandur, macopat dan saronen. “Kuliner tradisional khas pesisir juga akan disajikan,” katanya.

Pada momentum tersebut juga akan diwarnai dengan lomba permainan pesapean, lomba hias perahu dan miniatur perahu. “Dialog budaya dan pelatihan pengolahan hasil perikanan bagi masyarakat pesisir akan kita fasilitasi,” urainya.

Selain itu, pemberian secara simbolis sejumlah bantuan, antara lain, bantuan asuransi, pemberian kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSKA), kartu Pas kapal dan lain-lain.

“Larung benih bibit ikan sebagai penutup pada kegiatan rokat tase' ini,” pungkasnya.(*)

Besok, Duo Virgin Akan goyang warga Sumenep

https://www.youtube.com/watch?v=-d2yc1TXO08

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.