Saat yang Tepat Buka Rekening Tabungan untuk Si Kecil

Avatar of PortalMadura.com
Saat yang Tepat Buka Rekening Tabungan untuk Si Kecil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajarkan anak menabung sejak dini memang sangat penting dilakukan. Karena hal ini akan berpengaruh kepada pola pikirnya di masa depan. Walaupun hanya sedikit demi sedikit, tapi jika dikumpulkan maka nominalnya akan semakin besar.

Nah, saat koin atau uang lembaran yang dikumpulkan sudah semakin banyak Anda tentu akan membutuhkan tempat yang layak untuk menabung. Karena jika ditaruh di celengan akan susah mengaturnya, tidak seperti ketika menabung di bank.

Itulah mengapa banyak orang tua kemudian berpikir, kapan waktu yang tepat membuka rekening tabungan untuk anak?.

Hal ini perlu diketahui juga untuk banyak orang tua. Seperti pengalaman Mom Marlisa Tenggara dari Babyologist yang mengungkapkan bahwa pentingnya mulai membuka rekening tabungan di bank untuk anak.

Beberapa bank di Indonesia juga sudah menyediakan layanan untuk membuka rekening bank khusus anak-anak. Apakah bedanya?.

Tabungan khusus anak umumnya dibuat dan diprogram pemerintah untuk membantu menabungkan uang untuk anak, agar tidak tercampur jadi satu dengan uang kebutuhan pribadi dan rumah tangga. Umumnya biaya administrasinya tidak mahal seperti rekening tabungan dewasa. Tidak bisa melakukan penarikan bebas, hanya bisa dilakukan di bank, dan tidak bisa digunakan sebagai debit belanja.

Anak-anak terkadang mendapat uang saku saat lebaran atau saat hari biasa, entah itu dari neneknya dan kerabat dekat dan lain sebagainya. Uang ini jika dikumpulkan, jadinya tidak sedikit. Apalagi jika anak dibiasakan untuk selalu menyisihkan uang sakunya yang sisa untuk ditabungkan. Pada waktunya nanti, uang anak ini bisa dikumpulkan dan menjadi bekalnya untuk membelanjakan sesuatu untuk anak sendiri.

juga bisa dipergunakan orang tua untuk menyisihkan atau menabung dana pendidikan anak. Karena biaya pendidikan masa kini semakin mahal, anggaran dana pendidikan bisa disisihkan di rekening tersendiri, yaitu rekening tabungan anak.

Jadi, kira-kira kapan waktu yang tepat membuat rekening tabungan anak?. Saat Anda sudah merasa perlu untuk menyisihkan sendiri dana untuk anak dan saat tabungan anak sudah mulai banyak. (vemale.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.