oleh

Sadar Covid-19, Warga Perum BTN Kolor Semprotkan Cairan Disinfektan Secara Mandiri

PortalMadura.Com, Sumenep – Kesadaran masyarakat akan penangkalan merebaknya wabah Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai tumbuh. Buktinya, di Perumahan BTN Desa Kolor, RT 01 RW 06, Kecamatan Kota melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri, Kamis (26/3/2020).

“Ini bentuk kesadaran warga terhadap bahaya Covid-19. Penyemprotan ini merupakan inisiatif warga sendiri,” kata Ketua RT 01/RW 06 Perumahan BTN Desa Kolor Sumenep, Ibnu Hajar.

Ia menyampaikan, masyarakat tidak perlu menunggu pemerintah untuk melakukan pencegahan masuknya Covid-19 di daerahnya. Sebab, kesehatan itu merupakan tanggung jawab bersama, apalagi penyebaran Covid-19 ini sangat cepat.

“Ini kami lakukan bersama-sama dengan warga. Semua rumah yang ada di RT saya disemprot,” ucapnya.

Baca Juga: ODR di Sumenep Capai 1.485, Pemkab Sediakan Tim di Terminal

Ibnu yang merupakan budayawan muda di Sumenep menegaskan, selain dilakukan penyemprotan, juga dilakukan pendataan bagi warga baru masuk di RT tersebut. Hasil pendataan RT diserahkan ke kepala desa dan selanjutnya disampaikan ke Pemkab.

“Kalau data orang baru itu dilakukan di tingkat RT, Pemerintah daerah tidak perlu menunggu terus-menerus di terminal. Tinggal memantau perkembangan warga baru tersebut melalui data yang diberikan RT,” tegasnya.

Penulis : Samsul Arifin
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar