oleh

Sambut Idul Fitri, Sumenep Gelar Gema Takbir Bersama Syekh dari Yaman

PortalMadura.Com, Sumenep – Warga muslim Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyambut perayaan Idul Ftri 1440 H dengan menggelar gema takbir di depan Masjid Jamik Sumenep, Selasa (4/6/2019) malam.

Gema Takbir tersebut dipimpin langsung oleh Syekh Salem Hasan Abdo Samlah dari Yaman serta Bupati Sumenep, A Busyro Karim, bersama Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasyadi, Kapolres Sumenep, AKBP Muslimin, Komandan Kodim (Dandim) 0827 Sumenep, Letkol Inf. Ato Sudiatna, jajaran Forkopimda, alim Ulama, para Pimpinan OPD, dan Camat.

Asisten Pemerintahan Sekda Sumenep, Drs. Syaiful Bahri, M.Si menyampaikan, salah satu tujuan dari kegiatan itu adalah ingin mengajak seluruh masyarakat bersama-sama mengagungkan asma Allah dengan memperbanyak Takbir, Tahlil dan Tahmid.

“Pada momentum ini merupakan wadah untuk menjalin dan mempererat keharmonisan pemerintah daerah dengan masyarakat dalam kehidupan yang berakhlakul karimah,” katanya.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim, berharap dengan diselenggarakannya gema takbir ini benar-benar kembali pada Idul Fitri yakni kesucian.

“Ketika kembali pada kesucian itu berarti kita kembali dengan kemantapan kepada Tuhan, sehingga benar-benar dalam hati ini yakin akan kekuasaan dan kebesaran Allah. Karena itu kita lantunkan kebesaran Allah. Allahu Akbar, Allahu Akbar,” katanya.

Menurutnya, dengan kembali kepada kefitrahan pada dasarnya memupuk rasa kemanusiaan. Seperti memanusiakan, memuliakan, serta menghormati manusia. Sebab, sesungguhnya manusia tidak akan bisa hidup di dunia tanpa adanya saling melihat dan mendengar pada sesama.

“Karena ini pokok yang kedua sehingga kita pada hari raya Idul Fitri kita kembali pada rasa kemanusiaan. Wajib kita melaksanakan zakat fitrah, wajib kita melaksanakan zakat mal bagi orang-orang yang sudah mampu dan punya harta,” katanya.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh sejumlah kelompok seniman di Kabupaten Sumenep. Di antaranya Gambus dari Alfarobic, Paduan Suara STKIP Sumenep, Paduan Suara Wiraraja Sumenep dan sejumlah musisi lain yang tergabung dalam kelompok seniman musik Aldikri.(*)

Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Hartono

Komentar