oleh

Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Bijak Sikapi Mudik Lebaran

PortalMadura.Com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat bijak dalam memutuskan rencana mudik saat perayaan Idul fitri tahun ini, mengingat Indonesia masih dalam situasi pandemi.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah masih membahas kebijakan yang akan diambil saat Idul fitri.

Pasalnya, mobilitas masyarakat yang tinggi saat tradisi mudik lebaran dikhawatirkan dapat menyebabkan lonjakan kasus Covid-19.

“Sejauh ini dengan kebijakan mudik lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian dan lembaga terkait,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa sore (16/3/2021).

Wiku berharap masyarakat mengambil keputusan yang terbaik saat musim mudik lebaran, terlepas apa pun keputusan pemerintah terkait ini nanti.

“Saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat, untuk dapat mengambil keputusan terbaik, khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” tutur Wiku.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberi sinyal bahwa pemerintah tidak akan melarang mudik lebaran 2021.

“Terkait dengan mudik 2021 pada prinsipnya pemerintah lewat Kementerian Perhubungan tidak akan melarang,” kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI.

Namun, dia mengatakan ada sejumlah syarat dan alur yang akan diatur mengingat lonjakan jumlah pemudik sangat mungkin terjadi tahun ini.

“Program vaksinasi membuat masyarakat ingin bepergian. Ada juga PPnBM nol persen dan tes GeNose yang membuat orang percaya diri bepergian,” kata dia.

Pemerintah, lanjut dia, akan melakukan penelusuran atau tracing terhadap masyarakat yang bepergian serta memperketat syarat perjalanan dengan mempersingkat masa berlaku hasil tes Covid-19 seperti PCR, tes antigen, maupun GeNose.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA

Komentar