oleh

Scrub Garam vs Gula, Mana yang Terbaik Bagi Wajah?

PortalMadura.ComScrub merupakan bahan untuk membersihkan wajah dari tumpukan kulit mati yang kusam. Umumnya, ada dua jenis scrub yang biasa digunakan yaitu scrub gula dan garam.

Ada sebagian orang yang memilih menggunakan scrub gula dengan alasannya sendiri. Ada juga yang memakai scrub garam tentu dengan kepercayaannya juga. Pada intinya, keduanya mempunyai fungsi dan keunikan tersendiri.

Perlu Anda ketahui, produk scrub yang unggul bagi wajah tidak hanya efektif dalam menyingkirkan lapisan kulit mati. Scrub juga harus memiliki ukuran butiran yang sesuai, mampu melembapkan kulit, dan merangsang pembelahan sel-sel kulit sehingga wajah tampak lebih cerah.

Namun, mana yang paling unggul dan baik dalam urusan membersihkan wajah?. Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan jenis scrub yang terbaik untuk wajah, maka pertimbangkan beberapa faktor berikut seperti dilansir PortalMadura.Com, Rabu (15/1/2020) dari laman Hellosehat.com:

Kemampuan Eksfoliasi

‘Eksfoliasi’ merupakan istilah lain untuk mengangkat lapisan kulit mati, dan ‘eksfoliator’ adalah sebutan untuk bahan yang memiliki fungsi ini. Scrub gula dan garam memiliki ukuran butiran yang berbeda sehingga kemampuannya eksfoliasinya juga tidak sama.

Kalau scrub gula lebih unggul untuk eksfoliasi wajah, karena butirannya lebih lembut bagi kulit wajah yang tipis. Selain itu, butiran gula yang halus juga lebih melembapkan dan tidak akan menghilangkan minyak alami kulit.

Keunggulan lain dari scrub gula yakni, ada berbagai jenis scrub gula yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Bila butiran gula biasa terlalu kasar untuk kulit Anda yang sensitif, cobalah memilih scrub dari brown sugar yang jauh lebih lembut. Kemungkinan itu cocok untuk Anda.

Kemampuan Menjaga Kelembapan Kulit

Perlu Anda tahu, scrub gula dan garam memiliki perbedaan dalam menjaga kelembapan kulit. Gula lebih unggul soal hal ini karena butirannya adalah humektan alami. Apa itu humektan?.

Humektan merupakan zat yang mampu menarik air dan kelembapan dari luar ke dalam lapisan kulit. Ketika Anda menggunakan scrub gula pada wajah, butiran gula akan menyerap air dan kelembapan dari area sekitar, kemudian menguncinya dalam kulit Anda. Hasilnya, kulit wajah pun menjadi lebih kenyal dan sehat.

Baca Juga : Resep Scrub Gula Pasir untuk Dapatkan Kaki Mulus

Meskipun demikian, scrub garam tidak kalah manfaatnya. Ia memiliki keunggulan dalam membuat kulit lebih berkilau alias glowing. Hal ini disebabkan karena scrub garam membantu melancarkan aliran darah di bawah permukaan kulit. Dengan begitu, kulit menjadi lebih segar dan berkilau.

Kemampuan Merangsang Pembelahan Sel Kulit

Hal lain yang membedakan scrub gula dan garam adalah kemampuannya dalam merangsang pembelahan sel kulit. Scrub gula adalah sumber alami dari glycolic acid. Senyawa ini dapat memacu pembelahan sel-sel kulit sehingga wajah tampak lebih segar dan bercahaya.

Namun, manfaat ini tidak dimiliki oleh scrub gula saja. Saat Anda menggunakan scrub garam untuk mengeksfoliasi kulit, lepasnya lapisan kulit mati akan merangsang pembelahan sel kulit baru untuk memperbarui lapisan kulit yang hilang.

Selain itu, scrub garam juga melancarkan aliran darah di bawah kulit. Sebagaimana dilansir Hellosehat.com dari Siegel Rare Neuroimmune Association, pasokan darah yang cukup akan membantu pembelahan kulit karena darah membawa nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk membentuk sel-sel baru.

Jenis Scrub Terbaik untuk Membersihkan Wajah

Dari penjelasan di atas maka bisa dikatakan bahwa scrub gula dan garam memiliki keunggulan tersendiri. Untuk menentukan mana jenis scrub yang terbaik, Anda perlu menyesuaikan dengan jenis kulit Anda. Karena setiap scrub memiliki kemampuan berbeda dalam mengeksfoliasi, melembapkan, dan merangsang pembelahan sel-sel kulit.

Scrub garam adalah pilihan terbaik untuk membersihkan badan, sebab butirannya yang kasar mampu mengeksfoliasi kulit badan yang tebal secara efektif. Sementara itu, kulit wajah yang tipis dan sensitif sebaiknya dieksfoliasi menggunakan scrub gula yang lebih lembut.

Sebagai catatan, baik scrub gula maupun garam, yang terpenting scrub tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Hentikan pemakaian dan berkonsultasilah dengan dokter bila penggunaan scrub selalu menimbulkan perih, gatal, atau rasa tidak nyaman pada kulit wajah.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hellosehat.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.