Sebelum Dimasak, 4 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci

Avatar of PortalMadura.com
Sebelum Dimasak, 4 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mencuci makanan sebelum dimasak tentunya menjadi kebiasaan semua orang sebelum memasak. Hal ini dilakukan agar bahan makanan tersebut tetap bersih dari kuman. Namun ada beberapa bahan makanan yang justru tidak boleh dicuci sebelum dimasak.

Walaupun bahan makanan telah terbungkus dengan rapi dan kelihatan sudah sangat bersih, masih banyak juga orang yang tetap membersihkan bahan makanan tersebut. Sayur dan buah perlu dicuci agar lebih bersih dan jauh dari risiko adanya sisa pestisida di dalamnya.

Meski sebagian besar bahan makanan sangat disarankan untuk dicuci sebelum dimasak, beberapa bahan makanan lainnya sebaiknya justru tidak dicuci. Tidak mencuci beberapa makanan ini bertujuan agar bakteri pada bahan makanan tidak bertambah banyak.

Ini juga agar kualiatas bahan makanan tersebut tetap baik. Berikut ini ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak.

Produk Daging
Daging sapi, kambing, kerbau atau sejenisnya sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak. Mencuci daging sebelum dimasak dikhawatirkan membuat bakteri di daging menyebar ke tempat cucian dapurmu. Daging yang dicuci juga akan mengalami kelembaban berlebih sehingga rasa juga teksturnya kurang berkualitas.

Baca Juga: Gol Bunuh Diri Membawa Madura FC Vs Persewar Waropen Imbang 1-1

Produk Unggas
Sama dengan produk daging, produk unggas seperti daging ayam, daging bebek, daging angsa dan sejenisnya sebaiknya juga tidak dicuci sebelum dimasak. Produk unggas sebenarnya mengandung banyak bakteri yang jika dicuci bakteri tersebut bisa menyebar ke tempat cucian bahkan ke bahan makanan lain seperti sayur dan buah di dapurmu.

Ikan Segar
Beberapa ahli menyarankan agar kita tidak mencuci ikan sebelum dimasak. Sama dengan produk unggas dan produk daging, ikan dikhawatirkan mengandung bakteri yang jika dicuci bisa membuat bakteri tersebut menyebar.

Jamur
Jamur juga merupakan bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci. Jamur yang dicuci justru akan mengalami peningkatan kelembaban yang bisa saja membuat rasa serta aroma jamur tak seenak sebelumnya setelah dimasak. Untuk mendapatkan rasa jamur yang menggugah selera, sebaiknya jamur dibersihkan bagian akarnya saja dan langsung dimasak.

Itulah beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci dulu sebelum dimasak. Saran ini bahkan sangat disarankan untuk bahan makanan kemasan yang tinggal masak.

Kalau pun ingin mencuci bahan makanan ini, sebaiknya proses mencucinya tidak terlalu berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, makin semangat memasak sendiri di dapur.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.