oleh

Segudang Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Biji selasih lebih sering ditemui sebagai pelengkap minuman, terutama di bulan puasa. Biasanya biji selasih disajikan bersama timun suri, blewah, maupun buah lainnya. Meski bisa juga disajikan bersama sirup bermacam warna.

Biji selasih ini tidak hanya sebatas untuk menjadi pelengkap minuman saja. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin karena bermanfaat untuk tubuh. Meskipun terlihat kecil, makanan yang berupa biji-bijian memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Apalagi dengan banyaknya orang yang mulai memperhatikan kesehatan.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Merdeka.Com, Rabu (8/7/2020) berikut ini beberapa manfaat biji selasih yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan:

Segudang Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat biji selasih yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mata. Biji selasih memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah yang besar. Jika Anda memiliki masalah dengan penglihatan, disarankan untuk mengonsumsi biji selasih.

Vitamin A yang ada pada biji selasih berperan sebagai antioksidan kuat untuk retina, dan juga dapat mencegah perkembangan katarak.

Menyehatkan Tulang

Biji selasih mengandung berbagai mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, kalsium, dan magnesium. Seluruh mineral tersebut bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Manfaat biji selasih ini tentunya sangat penting karena dengan menjaga kekuatan dan kepadatan tulang menjadi langkah penting untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis. Selain itu, tulang yang sehat dan padat juga akan membuat tubuh tetap kuat seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh Anda sangat membutuhkan antioksidan. Dan salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah polifenol. Zat inilah yang terdapat pada biji selasih. Sehingga, biji selasih juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengonsumsi biji selasih secara rutin sebagai makanan atau suplemen, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan sendirinya. Daya tahan tubuh yang meningkat akan mengurangi peluang Anda terkena penyakit.

Menjaga Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan merupakan salah satu organ yang rentan diserang oleh bakteri jahat. Biji selasih sendiri memiliki kandungan serat prebiotik yang disebut sebagai pectin.

Kandungan ini memiliki fungsi untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri baik ini nantinya akan membantu proses pencernaan serta mencegah penyakit pada saluran pencernaan akibat bakteri jahat.

Biji selasih juga bermanfaat untuk menunda pengosongan lambung dan meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa kenyang karena pektin tersebut. Selain menjaga sistem pencernaan, pektin yang ada di dalam biji selasih juga membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga cocok untuk dimasukkan ke dalam menu diet.

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Asupan serat yang berasal dari biji selasih berguna untuk menjaga kadar kolesterol normal, sedangkan antioksidannya dapat melindungi pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak. Kedua kandungan ini berperan besar dalam menurunkan risiko anda terkena stroke dan penyakit jantung.

Selain itu, manfaat biji selasih juga dapat menurunkan kolesterol. Dengan mengonsumsi minyak biji selasih dapat berpotensi menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). LDL inilah yang dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan Kulit

Bagi wanita, antioksidan yang terdapat pada biji selasih dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan seperti senyawa polifenol, flavonoid, orientin, dan vicentin mampu memelihara kesehatan kulit dengan cara menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel kulit.

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada kulit, seperti terbentuknya keriput, flek hitam, kemerahan, serta tanda penuaan dini lainnya. Dengan mengonsumsi biji selasih, dapat membantu Anda untuk mencegah sekaligus merangsang pembelahan sel-sel kulit baru yang sehat.

Sebagai Asupan Asam Lemak Omega 3

Manfaat biji selasih yang satu ini mungkin masih jarang diketahui. Hal ini karena asam lemak omega 3 sendiri identik dengan kandungan yang ada pada ikan. Padahal, biji selasih juga mengandung nutrisi ini dalam jumlah banyak.

Satu sendok makan biji selasih dapat memberikan Anda asupan asam lemak omega 3 dalam bentuk asam alfa linolenat (ALA). ALA sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi energi. Selain itu, ALA juga bermanfaat untuk mencegah peradangan pada tubuh dan menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti diabetes tipe 2.

Untuk mendapatkan manfaat biji selasih ini, anda bisa mencoba menambahkan biji-bijian ini ke dalam minuman, smoothie, atau makanan penutup.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar