Selain Cantik dan Harum, Ini Manfaat Bunga Kecombrang untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Selain Cantik dan Harum, Ini Manfaat Bunga Kecombrang untuk Kesehatan
ilustrasi (rumahlia.com)

PortalMadura.Com – Bunga kantan atau yang lebih dikenal dengan sebutan bunga kecombrang ternyata tidak hanya terlihat cantik dan harum, namun juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Biasanya, orang mengolah bunga ini sebagai sambal atau menumisnya dengan sayuran lain.

Sebagian orang mungkin akan merasa aneh ketika mengonsumsi bunga kecombrang ini karena berwarna pink atau merah muda dan memiliki aroma harum yang cukup kuat. Kendati demikian, jangan diremehkan. Bunga beraroma harum ini justru memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh.

Bunga kecombrang dipercaya memiliki banyak manfaat di luar negeri, salah satunya meningkatkan libido secara alami.

Bunga kecombrang yang juga masuk dalam keluarga jahe ini juga diyakini mampu mengurangi peradangan, mengatasi kehilangan nafsu makan, hingga menurunkan diabetes dan hipertensi.

Bahkan, aroma harum dari bunga kecombrang juga bermanfaat untuk memberikan rasa tajam dalam hidangan sup atau lainnya agar lebih lezat.

Baca Juga: 5 Khasiat Bunga Dandelion Bagi Kecantikan

Peneliti menemukan, bunga kecombrang juga memiliki efek antioksidan yang sangat kuat terhadap stres oksidatif dan ekstraknya sangat berguna untuk toksisitas timbal.

Di Malaysia sendiri, bunga kecombrang ini justru dimanfaatkan sebagai ramuan obat guna mengatasi masalah sakit telinga dan daunnya digunakan untuk menyembuhkan luka.

Intinya, bunga kecombrang sangat baik jika dimanfaatkan sebagai obat tradisional maupun dikonsumsi dalam bentuk makanan guna meningkatkan antioksidan secara alami. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.