Selain Karena Hamil, Ini 8 Penyebab Anda Telat Haid

Avatar of PortalMadura.com
Selain Karena Hamil, Ini 8 Penyebab Anda Telat Haid
Ilustrasi (Hello Sehat)

PortalMadura.Com – Bagi sebagian wanita, telat beberapa hari mungkin sudah menjadi hal yang biasa terjadi setiap bulan. Tapi sebagian lainnya justru merasa khawatir dan takut lantaran menjadi tanda-tanda kehamilan.

Tunggu dulu, sebelum Anda beranjak melakukan tes kehamilan di rumah. Alangkah baiknya meluangkan waktu sebentar untuk mencari tahu penyebabnya. Karena, ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan Anda terlambat datang haid.

Berikut delapan penyebabnya:

Kontrasepsi
Anda mungkin berpikir menggunakan kontrasepsi akan menyebabkan lebih seringnya menstruasi. Tetapi wanita yang menggunakan pil KB tidak akan mengalami menstruasi pada siklus 28 hari. Selain pil, jenis kontrasepsi seperti suntik atau implan bisa menjadi penyebab wanita telat haid.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)
Salah satu penyebab wanita telat haid yakni PCOS. PCOS merupakan salah satu gangguan ketidakseimbangan hormon kehamilan di mana wanita memiliki folikel tambahan yang membuat sel telur dilepas lebih lama dari biasanya. Jika tidak ada telur yang dilepas maka tidak terjadi menstruasi.

Stres
Stres dapat mengganggu hipotalamus yang menyebabkan efek trickle down. Inilah yang membuat Anda yang sedang stres terlambat datang haid.

Berat Badan Turun
Penurunan berat badan yang berlebihan lebih mungkin menyebabkan periode terlambat haid daripada kenaikan berat badan. Itulah sebabnya beberapa atlet wanita yang benar-benar ramping tidak mengalami menstruasi.

Menopouse Dini
Rata-rata wanita usia 50-an mengalami menopause. Tetapi banyak wanita mulai mengalami siklus menstruasi terlambat di usia 40-an. Jika Anda berusia di bawah 45 tahun dan menstruasi Anda berhenti total, ada kemungkinan Anda mengalami menopause dini. Sebelum wanita mengalami menopause siklus haidnya menjadi telat.

Baca Juga : 6 Tanda Awal Kehamilan Selain Terlambat Menstruasi

Tumor Hipofisis
Meskipun jarang dan tidak mungkin, kadang-kadang prolaktinoma, sejenis tumor hipofisis yang mengeluarkan prolaktin dalam jumlah berlebih, hormon yang menandakan produksi ASI, patut disalahkan untuk penyebab wanita telat haid.

Diabetes dan Penyakit Tiroid
Masalah lain seperti diabetes dan penyakit tiroid dapat dikaitkan dengan penyebab haid datang terlambat.

Sedang Menyusui
Saat wanita sedang menyusui, tidak mengalami siklus menstruasi selama beberapa bulan. Penyebabnya karena hormon yang memegang peran penting dalam menyusui alias hormon prolaktin menekan ovulasi.

Tapi hati-hati. Bagi Anda yang sedang menyusui, bisa saja hamil. Pembuahan tetap bisa terjadi meski Anda tidak sedang haid.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.