oleh

Selain Lezat, Ini Manfaat Kuning Telur Bebek Yang Baik Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Kuning telur bebek mengandung asam lemak sehat, seperti asam oleat dan lesitin, berbagai macam mineral, seperti kalsium dan kalium. Selain itu, kuning telur bebek juga kaya akan antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan karoten. Sehingga banyak manfaat yang bisa diperoleh dari macam-macam nutrisi yang dikandungnya.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (20/4/2021), berikut manfaat kuning telur bebek untuk kesehatan dibalik rasanya yang lezat:

Menjaga Fungsi Otak

Kolin yang terkandung dalam kuning telur bebek sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan sistem saraf. Nutrisi ini dapat melindungi Anda dari gangguan memori atau gangguan kognitif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer, di masa tua nanti.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kuning telur bebek untuk kesehatan mata berasal dari kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan ini dapat melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti katarak dan degenerasi makula, yang banyak terjadi terutama pada orang lanjut usia.

Mendukung Produksi Sel Darah Merah

Vitamin B12 yang terkandung pada kuning telur bebek memiliki peranan penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Vitamin ini juga berperan penting dalam proses produksi energi tubuh. Mencukupi kebutuhan vitamin B12 dalam sehari diduga dapat memberikan Anda tambahan energi untuk beraktivitas.

Terhindar Dari Penyakit Kronis

Warna oranye pada kuning telur bebek berasal dari pigmen alami yang disebut karoten. Karoten merupakan senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kuning telur bebek memang mengandung banyak kolesterol. Namun, kolesterol dari kuning telur tidak meningkatkan risiko penyakit jantung. Kuning telur bebek justru mengandung lesitin dan asam oleat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com