oleh

Selain Makanan Berminyak, Ini 7 Pantangan yang Wajib Dihindari Ketika Batuk

PortalMadura.Com – Umumnya, cuaca buruk memengaruhi kesehatan seseorang. Nah, ketika ketahanan tubuh menurun, biasanya tubuh akan mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang mungkin menyerang adalah batuk.

Ada banyak cara untuk meminimalisir tingkat keparahan penyakit ini, salah satunya yaitu menghindari makanan berminyak dan istirahat yang cukup. Lantas, apalagi yang harus dihindari saat tubuh sedang terserang batuk?.

Yuk simak penjelasan tentang pantangan saat batuk di bawah ini:

Minuman dan Makanan Dingin
Menurut Pradip Shah, dokter di Rumah Sakit Fortis Mulund India, umumnya batuk dan pilek dipicu oleh makanan dingin seperti es krim dan minuman dingin lainnya. Meskipun tidak ada bukti ilmiah ketika bagaimana makanan dingin memicu dan memperburuk kondisi batuk, tetapi para pasien biasanya disarankan untuk menghindari asupan dingin hingga batuk mereka dinyatakan sembuh.

Baca Juga : Ingin Redakan Batuk Tanpa Minum Obat? Yuk, Manfaatkan 8 Bahan Alami Ini

Satu penjelasan yang masuk akal dari pantangan saat batuk ini adalah, minuman makanan dingin akan menyebabkan pengeringan pada lapisan pernapasan sehingga rentan terhadap infeksi yang memicu batuk karena iritasi dan peradangan pada bagian tubuh.

Makan Banyak Saat Malam Hari
Jangan makan berlebihan pada malam hari menjelang tidur saat Anda memang lagi terserang batuk. Hal tersebut bisa menjadi pemicu batuk untuk orang yang menderita penyakit Gastroesophageal Reflux (GERD) alias penyakit asam lambung.

Orang yang memiliki GERD mungkin memiliki sistem dalam tubuh yang tidak terlalu baik antara kontraksi dan relaksasi otot sphincter. Kedua jaringan yang tersambung pada otot tersebut berfungsi mencegah refluks makanan naik ke kerongkongan.

Akibatnya, asam lambung bisa mengalir kembali ke pipa makanan, menyebabkan iritasi lapisan untuk memicu batuk. Jadi, lebih baik untuk makan malam di waktu awal dan tidur 2 jam setelah waktu Anda makan.

Tidur Telentang
Posisi tubuh ketika tidur menjadi faktor penting pada pantangan saat batuk yang harus dipatuhi, jika memang ingin batuk Anda cepat pulih. Dengan tidur telentang, akan memicu batuk di malam hari, terutama jika Anda memiliki batuk produktif.

Semua lendir dan dahak yang akan dikumpulkan sepanjang hari, mengalir ke atas menuju tenggorokan ketika Anda tidur elentang. Sebaliknya, tidur dengan posisi miring akan menjaga dahak menetap dan menghindari serangan batuk di malam hari.

Makan Makanan yang Digoreng
Makan makanan yang digoreng dan berminyak merupakan salah satu pemicu batuk bertambah parah. Ketika menggoreng dalam minyak panas, makanan akan menghasilkan senyawa yang disebut akrolein, yang bertindak sebagai alergen serta memperburuk batuk dan menyebabkan gatal tenggorokan. Jadi selama batuk Anda belum pulih benar, baiknya hindari makanan berminyak dan yang digoreng, agar batuk tidak semakin parah.

Merokok
Merokok merupakan salah satu penyebab batuk yang akan berujung pada penyakit bronkitis. Tidak hanya itu saja, merokok akan mengiritasi lapisan tenggorokan, dan juga penundaan pemulihan bahkan dapat meningkatkan risiko kanker. Begitupun dengan perokok pasif, hindari asap rokoknya jika Anda tidak mau batuk Anda semakin menjadi-jadi.

Minuman Berkafein
Pantangan batuk yang satu ini wajib menghindari minuman yang berkafein. Mengapa harus dihindari?. Kafein harus dihindari oleh orang-orang yang batuk karena keasaman yang dapat memperparah gatal di tenggorokan. Minuman yang mengandung kafein akan menyebabkan esophageal sphincter menjadi longgar dan hasilnya Anda akan batuk akibat keasaman zat kafein yang naik ke tenggorokan

Baca Juga : Cobalah, 5 Cara Mengobati Batuk dengan Cepat Dalam Waktu Semalam

Kerja Keras dan Lembur
Lembur, lelah, dan aktivitas berlebihan memang patut dihindari sebagai pantangan saat batuk. Saat batuk, Anda akan sangat butuh istirahat. Kondisi tubuh yang didera batuk, sebetulnya mengisyaratkan bahwa ada yang salah dengan tubuh Anda. Batuk ini sebagai titik puncak pada sistem kekebalan tubuh yang melemah dan istirahatkan yang baik dan cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar