Selasa Kliwon 15 Maret 2022: Lembut, Sayangnya Mudah Tersulut Emosi

Rujukan: detik.comEditor: Hartono
Selasa Kliwon 15 Maret 2022 Lembut Sayangnya Mudah Tersulut Emosi
Ilustrasi (Mikhail Nilov/pexels)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Dalam penanggalan jawa, hari ini, Selasa (15/3/2022) bertepatan dengan 11 Ruwah 1955, tahun Alip, Windu Sancaya serta Wuku Dhukut.

Orang Jawa juga mengenal hari kelahiran atau Weton. Hari ini disebut Selasa Kliwon yang memiliki neptu 11. Umumnya, yang lahir pada Selasa Kliwon, memiliki perangai lembut, ramah, bicaranya enak di dengar.

Sikapnya menerima apa adanya. Sayangnya, mudah tersulut emosi dan dampaknya mudah marah. Selain itu, masuk dalam penggolongan sifat manusia atau Pangarasan Aras Tuding.

Artinya, sering ditunjuk dalam hal positif yang menjadi peluang atau berkesempatan untuk menempati kedudukan strategis. Misalnya, dalam sebuah organisasi, dapat menempati jabatan penting.

Kondisi itu berbanding lurus dengan kemampuannya yang pandai dan memiliki wawasan luas sehingga sering dicari orang karena dibutuhkan petuahnya. Orang Jawa menyebutnya Pancasuda Sumur yang bermakna dadi pangungsening kapinteran.

Namun, perlu hati-hati, terkadang juga bisa terkena tudingan dalam hal negatif.

Bagaimana dengan karakternya berdasarkan wuku?. Hari ini adalah Wuku Dhukut, umumnya berwatak tegas, wajah rupawan, berpotensi banyak keturunan.

Pohonnya pandan surat, baik warnanya tapi terpinggirkan. Burungnya ayam hutan, menjadi piaraan orang besar, bicaranya manis dan enak didengar.

Artikel ini dilansir detik.com (Oleh: Ki Totok Yasmiran, ahli penanggalan Jawa dari Museum Radya Pustaka Solo).

Kengen kirab budaya Sumenep?
Yuk tonton kirab budaya Sumenep sebelum pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.