oleh

Sempat Terjadi Genangan Air Hingga 60 Cm di Empat Wilayah Kota Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Hujan deras yang terjadi di pantura Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengakibatkan sejumlah sungai di wilayah kota meluap, Senin (14/12/2020).

Meluapnya sungai tersebut mengakibatkan empat wilayah tergenang air dengan ketinggian mencapai 60 cm. Empat wilayah tersebut adalah Jalan Ghazali, Jalan KH. Hasan Sinhaji, Patemon dan Jalan Trunojoyo barat sungai.

“Tapi sekarang sudah surut, air masuk sekitar pukul 04.30 WIB. Karena saya cek pukul 03.00 WIB air belum naik ke permukiman warga,” terang Supervisor Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono, Budi Cahyono.

Meluapnya sungai wilayah kota itu akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di daerah utara perbatasan Pamekasan Sampang meliputi daerah Karang Penang, dan Omben. Air masuk ke Sumber Payung, lalu masuk ke dam Samiran di Kecamatan Proppo.

“Sehingga air meluap, kemudian yang menghambat masuknya air ke laut karena saat kejadian air laut sedang pasang. Seiring air laut surut, genangan air juga surut,” tandasnya.

Dia berharap, masyarakat tetap waspadai terjadinya banjir susulan menyusul intensitas hujan akhir-akhir cukup tinggi. Diantaranya melakukan pengerukan selokan dan meletakkan barang-barang berharganya di tempat yang lebih tinggi.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Lisa Mana L

Komentar