Sepi Penumpang, Wings Air Cabut Slot Time Penerbangan Sumenep-Surabaya

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: TaufikurrahmanEditor: Putri Kuzaifah
Sepi Penumpang Wings Air Cabut Slot Time Penerbangan Sumenep Surabaya
Wings Air di Bandara Trunojoyo Sumenep (Taufikurrahman @portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, SumenepSlot time (alokasi ketersediaan waktu) penerbangan pesawat komersial yang dilayani maskapai Wings Air rute Bandar Udara Trunojoyo Sumenep, Madura-Surabaya, Jawa Timur resmi dicabut sejak 27 Desember 2021.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (Bandara) Kelas III Trunojoyo Sumenep M. Qodri Arman menjelaskan, pencabutan slot time itu dipicu sepinya penumpang rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya.

“Pencabutan itu dilakukan secara tertulis pihak maskapai kepada Disperkimhub Sumenep dua pekan lalu,” terangnya, Jumat (28/1/2022).

Maskapai Wings Air Sumenep-Surabaya dan sebaliknya sepi penumpang sejak Tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 hingga saat ini, sehingga pihak maskapai memilih mencabut slot time sementara waktu.

Sebelum dicabut, kata dia, pihaknya meminta untuk bertahan terlebih dahulu. Sebab, pihaknya masih mengupayakan agar kemudian masyarakat menggunakan kembali transportasi udara Sumenep-Surabaya.

Baca Juga:  Al Amin dan Al Furqon Lolos 4 Besar Liga Santri KSAD 2022

Ia berharap, kedepannya masyarakat Sumenep dapat mengoptimalkan layanan Wings Air.

Sementara untuk rute dan frekuensi penerbangan maskapai Wings Air Sumenep-Surabaya dan sebaliknya masih tetap ada. Hanya saja slot time yang dicabut.

Slot time adalah jadwal waktu kedatangan (arrival) dan keberangkatan (departure) yang dialokasikan oleh kordinator ATFM untuk pergerakan pesawat pada waktu/tanggal yang ditetapkan yang disesuaikan/diselaraskan dengan fasilitas bandara yang ada, atau jadwal menggunakan fasilitas tersebut.

Diakui Station Manager Wings Air Sumenep Bayu Kristanto, kondisi sepi penumpang terjadi sejak April 2020 akibat pandemi Covid-19.

Wings Air sempat melakukan open flight pada awal November 2021, tetapi tetap sepi penumpang. Pesawat Wings Air yang melayani Sumenep – Surabaya berkapasitas 72 orang.

Baca Juga:  Harga Emas Antam dan UBS Hari ini Kamis 30 Juni 2022

Kondisi ini, kata dia, tidak hanya terjadi di Sumenep. Rute Jember-Surabaya juga mengalami hal serupa. Namun tidak sampai ada pencabutan slot time.

Pihaknya belum memastikan apakah kedepan akan kembali beroperasi atau tidak khususnya di Sumenep, perlu menunggu perkembangan lebih lanjut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.