oleh

September-Oktober, Warga Sumenep Diimbau Waspada dan Siaga Bencana

PortalMadura.Com, Sumenep – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengimbau warga agar lebih waspada dan siaga bencana alam pada September-Oktober 2021.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, R. Abd. Rahman Riadi menjelaskan, situasi pada bulan September, berpotensi terjadi angin kencang, tetapi tidak sampai menimbulkan banjir rob (banjir tepi pantai).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Hal tersebut berdasarkan prediksi BMKG yang diterima BPBD Sumenep. “Banjir rob itu, pola fluktuasi muka air laut yang dipengaruhi oleh gaya tarik benda-benda angkasa, terutama oleh grafitasi bulan dan matahari terhadap massa air laut di bumi,” terangnya, Jumat (10/9/2021).

Bagi nelayan, kata dia, memang perlu waspada, karena air laut diprediksi bisa naik mencapai 2-3 meter. “Itu bisa membahayakan bagi nelayan. Dan Kami terus update situasi itu setiap pekan,” katanya.

Ia memprediksi, situasi tidak menentu akan terjadi pada September hingga Oktober tahun 2021. Sebab, kata dia, cuaca dalam kondisi tidak menentu dan sangat dinamis.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Kalianget, Sumenep, Usman Kholid menambahkan, warga Sumenep yang beraktivitas di laut agar tetap waspada. “Boleh melakukan aktivitas di laut, namun harus juga memerhatikan situasi dan kondisi yang ada,” katanya.

Warga Sumenep juga disarankan agar sering update kondisi cuaca melalui laman resmi BMKG.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar