Sering Diabaikan, Begini 4 Cara Menabung yang Baik untuk Masa Depan Finansial

Avatar of PortalMadura.com
Sering-Diabaikan,-Begini-4-Cara-Menabung-yang-Baik-untuk-Masa-Depan-Finansial
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Sejak setahun yang lalu sampai sekarang ini pandemi Covid-19 tidak kunjung berakhir. Peristiwa ini membuat banyak orang sadar bahwa betapa pentingnya mempunyai simpanan dana atau tabungan untuk masa depan.

Tapi sayangnya, menabung tidak semudah yang dibayangkan. Ada saja halangan yang membuat kebanyakan masyarakat enggan untuk melakukannya. Ada juga yang sudah menabung namun tidak bisa mengontrol jumlah pengeluaran sehingga hasil tabungannya habis terkuras untuk kebutuhan dan pengeluaran gaya hidup.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa yang baik untuk kepastian masa depan finansial Anda. Berikut ini beberapa cara menabung yang baik seperti dilansir Idntimes.com yang dikutip dari Lifepal:

Jangan Langsung Merasa Kaya Tiap Menerima Gaji

Gajian membuat Anda dan sebagian besar masyarakat merasa kaya sesaat. Banyak hal hedon yang kemudian dilakukan selepas uang gaji mendarat di rekening, seperti belanja ke mal, ngopi-ngopi, nongkrong, dan lainnya sehingga membuat Anda tidak sadar menghabiskan banyak uang.

Untuk bisa menabung dengan baik, maka Anda perlu dan harus menghilangkan perasaan seperti itu. Biasakan setiap menerima gaji langsung memasukkannya sebagian ke dalam rekening agar Anda tidak tergoda membeli banyak hal.

Targetkan Hanya Rp200 ribu Selama Satu Minggu Bagi Diri Sendiri

Cara menabung yang baik berikutnya adalah dengan menargetkan diri sendiri. Apa maksudnya?. Maksudnya adalah memberi target pada diri sendiri untuk mengerem segala jenis keinginan, terutama dalam hal belanja konsumtif.

Salah satu caranya adalah dengan mematok pengeluaran hanya Rp200 ribu selama satu minggu di luar transportasi ke kantor. Ini tentunya dapat Anda jalankan dengan mudah mengingat selama pandemi Covid-19, Anda tidak perlu pergi ke kantor dan hanya beraktivitas dari rumah saja. Dengan demikian, Anda bisa menyisihkan banyak uang untuk dimasukkan ke dalam tabungan.

Boleh Jajan Camilan, Tapi yang Bikin Kenyang

Selama pandemi Covid-19, Anda lebih banyak beraktivitas dari rumah, termasuk dalam urusan pekerjaan atau work from home alias WFH. Hal itu tentu membuat Anda kerap membeli makanan atau minuman untuk menjadi teman selama WFH. Jam-jam sore sekitar pukul 3 atau 4 biasanya membuat Anda lapar dan ingin pesan makanan lewat ojek online atau layanan pesan antar lainnya.

Nah, supaya tidak boros, ada baiknya Anda membeli jajanan atau camilan yang membuat Anda kenyang sehingga tidak akan membeli banyak makanan tambahan dan pengeluaran Anda bisa tetap terkendali. Dengan begitu, Anda dapat berhemat dan memasukkan sisa pengeluaran untuk jajan camilan ke dalam tabungan.

Beli Paket Data Sedikit Saja dan Manfaatkan WIFI

Pembelian paket data saat ini masuk ke dalam biaya pengeluaran per bulan. Namun, hal itu saat ini sangat bisa ditekan mengingat Anda lebih banyak berada di rumah ketimbang di luar akibat pandemi Covid-19.

Jika Anda biasanya mengeluarkan uang Rp200 ribu untuk kuota internet 20 hingga 30 GB, maka Anda bisa menguranginya mulai sekarang dan manfaatkan WiFi yang ada di rumah.

Belilah kuota yang sewajarnya dan mulai memanfaatkan WiFi di rumah secara maksimal sehingga uang yang biasa Anda gunakan membeli paket data dapat Anda alihkan ke dalam tabungan Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.