oleh

1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Bantuan AS Tiba di Indonesia

PortalMadura.Com – Sebanyak 1.500.100 dosis vaksin Covid-19 Moderna telah tiba di Indonesia pada Kamis (16/7/2021).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan dengan pengiriman ini, Indonesia telah menerima total 4.500.160 dosis vaksin Moderna bantuan Amerika Serikat melalui skema kerja sama multilateral Covax Facility.

Indonesia juga akan menerima 1,16 juta dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan bantuan pemerintah Jepang melalui kerja sama bilateral.

“Atas nama pemerintah Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Amerika Serikat dan Jepang yang telah berbagi dosis vaksin baik melalui jalur bilateral maupun multilateral,” kata Menteri Retno melalui konferensi pers virtual, Kamis.

Dengan penambahan suplai vaksin ini, Indonesia telah menerima total 140,2 juta dosis vaksin Covid-19 yang terdiri dari 115,5 juta dalam bentuk bahan baku dan 24,7 juta dosis vaksin jadi.

Menteri Retno menuturkan Indonesia akan terus berupaya untuk memastikan kelancaran pasokan vaksin di Indonesia.

Indonesia rencananya akan memprioritaskan penggunaan vaksin Moderna sebagai ‘booster’ atau dosis ketiga bagi 1,47 juta tenaga kesehatan di Indonesia yang sebelumnya telah menerima dua dosis vaksin buatan Sinovac, China,

Vaksin dengan jenis mRNA ini memiliki efikasi 94,1 persen pada kelompok usia 18-65 tahun dan 86,4 persen pada usia di atas 65 tahun, serta diklaim efektif terhadap varian Delta yang tengah merebak di Indonesia.

Terkait program vaksinasi nasional, Indonesia menargetkan sebanyak 208,2 juta penduduknya menerima vaksin Covid-19 untuk mencapai kekebalan imunitas.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengatakan Indonesia telah mengamankan akses vaksin sebesar 480,7 juta untuk kebutuhan nasional.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA

Komentar