oleh

Sering Pakai Hair Dryer? Ini Solusi Agar Rambut Tak Rusak

PortalMadura.Com – Menggunakan alat kecantikan seperti hair dryer memang mempermudah seseorang khususnya kaum hawa dalam mempercepat proses pengeringan rambutnya. Tidak hanya itu, ia juga diklaim bisa membuat rambut lebih lembut dan mudah dibentuk.

Sayangnya, penggunaan yang terlalu sering bisa menyebabkan beberapa kerusakan rambut. Alhasil, bukan rambut lembutlah yang bisa Anda dapatkan melainkan rambut rusak dan tentunya mengurangi penampilan.

Selamat Ibadah Puasa

Tapi Anda jangan pesimis dulu, karena kerusakan tersebut bisa dikurangi dengan mempraktikkan teknik pengeringan rambut yang baik dan mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi rambut dari panas yang berlebihan.

Apabila Anda melakukan tindakan pencegahan ini, Anda bisa mempertahankan rambut yang relatif sehat, tidak peduli seberapa sering mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Mau tahu bagaimana cara pencegahannya?.

Berikut ini beberapa langkah-langkahnya, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman Viva.co.id, Selasa (5/1/2021) yang dikutip dari Adore Beauty.

Keringkan Rambut dengan Handuk Terlebih Dahulu

Gunakan hair dryer hanya ketika rambut Anda sudah 60 persen kering. Sebab, apabila Anda mencoba mengeringkan rambut yang sangat basah dengan hair dryer, rambut tidak hanya akan mudah kusut, tetapi juga membutuhkan waktu pengeringan yang lebih lama, sehingga menyebabkan paparan panas yang lebih besar.

Hal yang perlu Anda perhatikan juga setelah keramas, di mana Anda perlu menepuk-nepuk dulu rambutnya dengan handuk. Kemudian, biarkan rambut mengering secara alami setidaknya selama 15 menit.

Setelah rambut dikeringkan dengan handuk, gunakan sisir bergigi lebar untuk menghilangkan kusut. Sisir rambut dengan sangat lembut pada tahap ini. Rambut basah lebih lemah dan lebih mudah patah.

Ingat, jangan mencoba mengeringkan rambut tanpa menyisirnya terlebih dahulu. Rambut Anda akan mudah kusut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

Gunakan Produk Perawatan Rambut sebelum Mengeringkan untuk Mencegah Kerusakan

Produk detangling atau rambut anti kusut seperti pelembap yang tidak perlu dibilas bisa mengurangi kerusakan pada rambut Anda. Produk-produk tersebut juga mampu membantu mengurangi hilangnya kelembapan selama pengeringan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelindung panas untuk membuat penghalang antara kutikula rambut dan panas. Langkah ini tidak boleh Anda lewati.

Pakai Suhu Hair Dryer yang Paling Rendah untuk Meminimalisir Kerusakan Akibat Panas

Teknik blow-dry yang baik penting untuk meminimalkan kerusakan rambut akibat panas. Pastikan untuk menjaga hair dryer Anda pada suhu sedang hingga rendah. Semakin rendah suhunya, semakin baik. Jika pengeringan memakan waktu terlalu lama, tingkatkan aliran udara dan daya dibandingkan dengan suhu.

Pastikan pula hair dryer terus bergerak sehingga satu bagian rambut tidak terpapar panas terlalu lama. Pegang hair dryer setidaknya 20 sentimeter dari kepala. Anda juga harus dapat mengeringkan rambut secara teratur dengan kerusakan minimal.

Kurangi Waktu Pengeringan Rambut

Jika rambut Anda membutuhkan waktu terlalu lama untuk dikeringkan pada suhu yang lebih rendah, pertimbangkan untuk membeli pengering rambut profesional, yang memiliki watt lebih tinggi sehingga Anda dapat meningkatkan aliran udara.

Pengering rambut ionik juga mengurangi waktu pengeringan jika Anda memiliki rambut yang lebih tebal atau lebih sulit diatur. Sedangkan pengering rambut keramik mengeluarkan panas yang lebih merata, yang tidak mudah merusak rambut Anda.

Setelah rambut benar-benar kering, gunakan tombol udara dingin pada pengering rambut untuk menurunkan suhu secara drastis. Udara dingin akan mengunci kutikula dan mengunci gaya rambut Anda.

Hal ini tidak hanya membuat blow-dry bertahan lebih lama dan rambut tampak lebih berkilau, tetapi juga mencegah rambut pecah karena kerusakan akibat panas.

Cara terbaik untuk mengurangi kerusakan rambut akibat blow-dry, tentu saja, kurangi mengeringkan rambut. Cobalah untuk menghindari penggunaan pengering rambut setiap hari, karena akan lebih sulit untuk menumbuhkan rambut yang sehat.

Namun, jika Anda mengikuti tindakan pencegahan ini, maka Anda dapat mengeringkan rambut secara teratur dengan kerusakan minimal.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Viva.co.id

Komentar