oleh

Siku Kering? Ini 4 Cara Mudah Mengatasinya

PortalMadura.Com – Mempunyai siku kering dan menghitam bisa membuat seseorang tampil kurang percaya diri. Karena hal itu bisa mengganggu penampilan.

Siku kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti sering terkena sinar matahari atau juga kondisi medis tertentu.

Selamat Ibadah Puasa

Tapi tidak peduli apa pun penyebabnya, Anda dapat melakukan beberapa hal sederhana untuk mengembalikan kelembutan kulit siku. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman tribunnews.com yang dikutip dari Grid.ID, berikut penjelasannya:

Mandi

Terdapat beberapa kebiasaan mandi yang mungkin saja dapat menyebabkan siku kering. Waktu mandi yang terlalu lama adalah salah satunya.

Cobalah untuk membatasi waktu mandi. Anda dapat menurunkan suhu air yang digunakan untuk mandi.

Air mandi yang terlalu panas dapat mengurangi kelembaban dari kulit, jadi jangan gunakan air yang terlalu panas untuk mandi.

Jika Anda menggunakan sabun mandi yang wangi, mungkin dapat mempertimbangkan untuk beralih ke produk sabun yang tidak mengandung pengharum.

Hal ini karena sabun yang mengandung pengharum biasanya cenderung membuat kulit kering.

Pakaian

Jika kulit siku menjadi lebih kering atau mengalami pengelupasan setelah terpapar jenis kain tertentu, Anda mungkin memiliki kulit yang sensitif.

Batasi paparan terhadap bahan itu dan ingat-ingat bahan kain jenis apa yang membuat gejala timbul.

Gunakan Produk Tertentu

Kebutuhan kulit akan berubah seiring dengan perubahan cuaca. Misalnya saat terpapar matahari dalam waktu lama dapat membuat kulit kering, terutama pada bagian siku.

Jika Anda akan menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, pastikan memakai tabir surya bebas pengharum dan menggunakan pakaian yang tertutup.

Anda juga bisa kembali gunakan tabir surya setiap dua jam sekali, setelah berenang atau jika berkeringat.

Perlu diketahui bahwa suhu yang sangat dingin dapat membuat kulit siku kering.

Jika Anda berlibur ke tempat dengan cuaca dingin dan kering, pastikan selalu memakai pelembab pada siku dan tutupi bagian tersebut dengan pakaian.

Masker Alami

Anda hanya memerlukan 1 sendok makan gula, 2 sendok teh baking soda, dan 1 sendok makan jus lidah buaya.

Campurkan ketiga bahan di atas, hingga menjadi pasta yang lunak dan kental. Kemudian, pulaskan dengan gerakan menggosok bertekanan pada kulit siku. Diamkan pasta tersebut hingga menyerap dan memberikan kulit seluruh nutrisi.

Apabila kulit kering merupakan akibat dari kondisi medis tertentu seperti eksim atau psoriasis, Anda mungkin membutuhkan produk yang diformulasi khusus bagi keadaan itu.

 

 

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Tribunnews.com

Komentar