oleh

Silaturahmi Miliki 5 Keutamaan, Jaga Persaudaraan dan Keberkahan

PortalMadura.Com – Silaturahmi merupakan salah satu cara untuk menjaga persaudaraan. Dilihat dari arti kata silaturahmi ini, berasal dari dua kata yaitu sillah (Hubungan) dan rahim (Kasih Sayang). Jika disambung memiliki arti hubungan kasih sayang karena kekeluargaan. Bersilaturahmi bukan hanya pada saudara kandung, namun juga pada teman kerja, teman sekolah dan kerabat lainnya.

Momen silaturahmi sangat terasa kuat pada saat hari lebaran seperti saat ini, karena di hari lebaran menjadi salah satu hari baik untuk mengunjungi saudara, kerabat, teman, dan para tetangga untuk menjalin kembali hubungan persaudaraan. Hal ini sudah menjadi kebiasaan warga Indonesia yang sudah turun temurun.

Silaturahmi juga bisa dilakukan di hari biasanya tanpa harus menunggu hari lebaran. Menjalin dan menyambung kembali hubungan baik bisa melipatgandakan kebaikan dan keberkahan. Dilansir dari laman Fimela.com, Minggu, (24/5/2020) lima keutamaan silaturahmi.

Diluaskan Rezekinya dan Dipanjangkan Umurnya

Keutamaan menjaga silaturahmi, Anda bisa mendapatkan rezeki yang lebih luas, dan menggunjungi anggota keluarga yang lebih tua bisa meningkatkan keharmonisan. Dengan bersilaturahmi dapat menyelesaikan masalah yang ada, saling memaafkan, dan bisa kembali rukun hidup berdampingan. Keutamaan silaturahmi ini dipertegas dengan adanya hadis di bawah ini:

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR. Bukhari – Muslim).

Menjaga Kerukunan

Jika Anda memiliki salah atau perselisihan dengan orang lain, namun belum sempat meminta maaf. Maka, dengan bersilaturahmi dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Dengan bersilaturahmi hubungan persaudaraan akan tetap terjaga dan Anda akan kembali rukun hidup berdampingan. Bahkan pertengkaran dan perselisihan bisa dicari jalan keluarnya secara bersama.

Kembali Terhubung dengan Allah SWT

Hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata sesungguhnya Rasulullah saw bersabda:

“Sesungguhnya Allah swt menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan.”

Dia berfirman: “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu.”

Bersilaturahmi dengan sesama akan membuat Anda kembali terhubung dengan Sang Pencipta. hal ini karena menjaga silaturahmi dengan sesama, menjaga kerukunan dan perdamaian merupakan salah satu cara untuk bisa dekat dengan Allah SWT.

Dijauhkan dari Neraka

Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Setiap orang pasti tidak menginginkan hidup di neraka, Nah salah satunya dengan menjalin kembali tali silaturahmi. Bukan hanya baik untuk kehidupan di dunia, menjaga silaturahmi juga baik untuk kehidupan di akhirat.

Menjaga Kesehatan Mental

Silaturahmi juga baik untuk menjaga kesehatan mental dan manfaat silaturahmi bisa kembali pada diri Anda sendiri. Saat Anda bertemu dengan orang lain dan bercerita dengan bahagia, ini akan menghadirkan kembali rasa senang dan perasaan positif yang baik untuk kesehatan mental.

Lebaran sudah sebentar lagi, namun di tengah pandemi ini jangan sampai kehilangan waktu silaturahmi. Manfaatkan teknologi online untuk tetap menjaga silaturahmi dengan teman, saudara dan kerabat lainnya.

Wallahu a’lam “Dan Allah lebih tahu atau Yang Mahatahu/Maha Mengetahui”

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar